Google+ Followers

Rabu, 25 Februari 2015

Bawaan Wajib Saat Jalan-jalan


Saat jalan-jalan, sebenarnya saya bukan termasuk orang yang ribet. Apalagi kalau untuk piknik dan bisa ditempuh dalam sehari (paling tidak malam sudah di rumah lagi). Tapi memang jalan-jalan bakal semakin nyaman bila ditunjang peralatan tempur yang memadai. Selain itu, persiapan yang matang -terutama barang bawaan- akan menghemat waktu perjalanan. Kebayang kan, kalau misalnya persiapan kurang maksimal. Pasti ada yang ketinggalan. Hasilnya, yang rugi kita sendiri. Apalagi barang yang ketinggalan harus beli di perjalanan. Harus berhenti beberapa kali. Padahal di rumah sudah tersedia. 

Bagi saya pribadi, ada beberapa barang yang wajib dibawa bila perjalanan jauh. Apa aja itu?

Bawaan wajib

Yang pertama mukena bahan parasit. Ini wajib dibawa. Biasanya saya jadi andalan saudara atau teman untuk urusan ini. Alasannya sederhana saja. Supaya tidak repot saat berhenti untuk sholat. Meski kadang di masjid atau mushola tempat kita berhenti sudah tersedia mukena, tapi kadang kondisinya (baca: kebersihannya) membuat kita kurang nyaman. Pernah juga bermanfaat bagi orang lain. Jadi ceritanya saya sama teman lagi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Ternyata di musholanya tidak tersedia mukena. Kebetulan saat kami mampir sholat di situ, ada seorang ibu yang juga mau sholat. Tapi beliau tidak bawa mukena. Jadilah mukena saya bermanfaat buat orang lain, Alhamdulillah (*maaf bukan bermaksud pamer, Maks ^_^). Kenapa pilih mukena parasit? Supaya mudah dilipat sampai lipatan terkecil, jadi tidak terlalu makan banyak tempat di tas.

Barang yang harus dibawa selanjutnya adalah botol minuman. Sebenarnya ini adalah bagian dari pengiritan :D. Daripada beli air kemasan, mending bawa bekal dari rumah yang sudah pasti terjamin kebersihannya dan pastinya gratis hehehe! Lagipula sekarang sudah ada botol food grade yang aman dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu, saat kehausan di jalan kita bakal lebih gampang untuk minum karena sudah tersedia di tas.

Tapi lain ceritanya bila saya bareng rombongan keluarga jalan-jalan ke luar kota. Selain bawa botol, kami (lebih tepatnya Tante saya) juga bawa galon air :D. Ini benar-benar pengiritan super hehehe! Jadi saat mau berangkat, botol-botol dipenuhi semua. Galon masuk bagasi mobil. Nah, ketika botol-botol tadi kosong dalam perjalanan, kita tinggal mengisi dengan air galon yang kita bawa tadi. Sangat mengurangi pengeluaran bukan? :P

Permen menjadi barang berikutnya yang harus ada di tas. Kebetulan saya termasuk yang gampang mabuk kendaraan. Terutama bila sang sopir kurang handal menguasai setir. Entah kenapa badan saya termasuk picky untuk urusan setir-menyetir mobil. Bila yang nyetir ayah atau saudara saya, saya akan aman-aman saja. Tapi bila yang nyetir orang lain dan saya belum pernah disetiri sebelumnya, efeknya saya gampang pusing. Jadi, ngemut permen jadi andalan saya terutama saat perjalanan naik kendaraan body besar. Paling tidak, mengalihkan rasa mual yang melanda tiba-tiba. 

Selain itu, saya juga bawa kipas lipat. Sangat praktis dan menolong di cuaca panas. Ngomong-ngomong soal kipas, ini bawaan saya sejak jaman kuliah. Bahkan, karena saya ke kampus selalu bawa kipas, salah satu dosen saya memberi julukan Putri Kipas buat saya :P. 

Barang terakhir yang selalu ada di tas adalah tisu. Saya rasa setiap perempuan tidak pernah ketinggalan benda yang satu ini. Jadi andalan banget saat dibutuhkan.

Itu tadi benda-benda yang selalu saya bawa saat jalan-jalan. Simpel sesuai kebutuhan. Bagaimana dengan bawaan Sahabat?
*******************************************
Tulisan ini diikut sertakan dalam "1st GA - Benda yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan"

24 komentar:

  1. kalau saya gak pernah ninggalin obat-obatan mbak, minimal betadin, salonplast/plaster, minyak angin dan obat sakit kepala...kebiasaan sejak masih remaja soalnya...kebawa sampai tua...he..he..he... but gut lak ikutan GA-nya semoga menang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo salonpas saya udah pasang di badan Mbak, tepatnya (maaf) dipuser xixixi! Kata Ibu saya biar ga mabuk. Tp emang manjur si hehehe

      Hapus
    2. Makasih udah mampir ya Mbak :)

      Hapus
  2. Mukena itu juga bawaan wajibku klo jalan-jalan mak..hehe..tambah minyak angin hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Biar ga ribet yaa.. Makasih ya mak udah mampir :)

      Hapus
  3. iya,kalo bawa mukena biasanya g ribet,praktis..ya ampun,cantik banget ya bawa kipas hahahaha....pinjem buleh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kan sodaranya Syahrini chantiq chantiq xixixixi

      Hapus
  4. saya juga tukang mabuk mak. kalo udah ada tanda2 mau mabuk langsung deh minyak penghangat beraksi. olesin di perut, pinggang, punggung, betis. trus betis diurut2 sampe nyaman. kadang betis jg saya kerokin lho! haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, betis juga dikerok?? Ampuunn saya ga biasa dikerok Mbak, soale badan kuyuss xixixixi

      Hapus
  5. hampir samaa yaa ternyata keranjang wisata perempuan mb vhoy... *_* itu yang ekstrem sampai bawa galon gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, maklum biasanya kalo rombongan bawa pasukan banyak Mbak. Kalo beli kemasa botol besar jatuhnya lebih mihil dari harga segalon xoxoxoxoxo *prinsip ekonomi

      Hapus
  6. klo bepergian sy juga kyk org pindahan mbak, sampe bawa nasi n temen2nya, baju, air paling penting n mukena, apalagi anak2 sukanya makan di mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Bawa anak2 harus lengkap alat tempurnya, biar perjalanan aman dan nyaman :). Makasih udah mampir ya Mbak

      Hapus
  7. serius bawa galon :D Hahahha... niat bgt deh tantemu mba ;p..aku sendiri kalo bepergian sendiri, bukan ama keluarga, bawaan bisa lebih simple... yg pasti kamera yg dipikirin pertama.. tp kalo udh ama keluarga, ya ampuuun....kyk pindahan mungkin ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak. Kebetulan beliau suka minum air putih. Ga suka minuman manis. Diet katanya hehehe! Emang kalo jalan ama keluarga, seisi rumah serasa kebawa semua ya Mbak :D

      Hapus
  8. Kalo saya kadang suka bawa minyak angin. Selain itu air minum dalm botol. Semoga menang ya.

    Salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, air minum penting banget. Makasih ya Mas Aris sudah mampir :)

      Hapus
  9. Whuaa...aku pernah dolan bawa galon, hahaha...
    Males aja naik turun mobil cuma beli air mineral ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda, selain itu biar irit juga xixixixi

      Hapus
  10. Whuaa...aku pernah dolan bawa galon, hahaha...
    Males aja naik turun mobil cuma beli air mineral ya :)

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. yup! kalau disetirin sama yang belum kenal, suka ada resiko mabuk perjalanan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Tau aja badan ini kalo yg nyetir orang lain hehehe

      Hapus