Google+ Followers

Rabu, 04 Maret 2015

Solusi Kerak Membandel


Teman-teman, pernah merasa sebel dengan kerak membandel yang menghuni kamar mandi? Sudah digosok tidak mempan. Diberi cairan pembersih tidak tuntas. Ini yang terjadi di kamar mandi rumah saya.

Daerah saya termasuk daerah berkapur. Airnya apalagi. Mengandung zat kapur yang lumayan. Bila diisikan ke bak mandi, maka dasar bak mandi bakal dihuni zat warna putih itu. Jadi, bila tidak rajin membersihkan kamar mandi, dinding jadi tebal dan kasar gegara tertutup zat kapur tersebut.

Pernah saya baca sebuah artikel di internet tentang cara menghilangkan kerak membandel. Di situ disarankan memakai cuka asam cair untuk makanan. Saya coba dan habis 2 botol tidak mempan. Padahal tangan sudah lumayan pegal menggosok dinding kamar mandi.

Suatu hari, saya ngobrol sama Bude saya. Entah kenapa, tetiba saya tanya-tanya soal solusi buat kerak membandel itu. Oleh Bude saya, saya disuruh memakai citric acid. Orang di sini biasa menyebut sitrun.

Citric Acid alias Sitrun

Sitrun ini sebenarnya asam cuka juga yang berbentuk serbuk. Biasa dipakai untuk membuat es. Ada juga yang memakai untuk memutihkan pakaian. Caranya? Cukup merendam pakaian dengan sitrun di bilasan terakhir. Seperti memakai cairan pemutih pada umumnya. Dulu, saya juga sering melakukannya.

O iya, sitrun ini bisa di beli di toko bahan roti, juga toko kelontong terdekat. 

Ternyata ada manfaat lain selain itu: membersihkan kerak. Setelah saya praktekkan, hasilnya tokcer. Kerak bak mandi jadi bersih tuntas. Tapi, ada satu pertanyaan yang mengganjal di hati saya. Bila sama-sama zat asamnya, kenapa hasilnya berbeda? Mungkin ada yang  bisa bantu menjawab pertanyaan saya? :D.

Nah, daripada pusing dengan pertanyaan tadi, ini tips membersihkan kerak dengan sitrun:
1.    Rebus air secukupnya hingga mendidih. Banyak sedkitnya air tergantung luas tempat yang dibersihkan, bisa dikira-kira sendiri. Kemarin saya memakai sekitar 2 ember kecil.
2.    Setelah itu, tuang ke dalam ember, masukkan sitrun ke dalam air panas tadi, aduk merata. Saya menggunakan 2 bungkus sitrun.
3.    Kemudian, siramkan campuran air panas dan sitrun tadi ke dinding yang berkerak.
4.  Selagi masih panas, langsung gosok dengan gosok kawat stainless yang biasa untuk gosok panci. Bila kerak membandel dan tebal, bisa memakai pisau seperti yang saya lakukan. Dalam keadaan panas, kerak di dinding lebih mudah dibersihkan.
5.    Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Yup, itu tadi pengalaman saya dalam bersih-bersih kerak. Semoga bermanfaat ^_^.

Teman-teman yang punya pengalaman lain, boleh share di sini ya.. :)

45 komentar:

  1. Aku bersihin bak pake itu juga mak. Kalau cuka utk bersihin rotan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau kalo cuka buat bersihin rotan. Makasih info tambahannya ya Mak Lusi :)

      Hapus
  2. Wahh...praktis ya Mbak. Dan satu bungkus itu bisa beberapa pakai, kayaknya tuh! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tergantung banyak sedikit keraknya ya Mak Mutia. Kalo sy kemarin baru nemu cara ini jadi pake 2 bungkus sekaligus hehehe! Sebelumnya disikat juga tp keraknya ga ilang :(. Alhamdulillah pake ini hasilnya oke hehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Sama2 Mak Rosi, semoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  4. Sama tuh Vhoy, aku juga pake itu. Aromanya gak ada, gak kayak hcl yg emang utk pembersih kerak bak kmr mandi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda, ini ga ada baunya. Cuka makan ada baunya. Apalagi pembersih lantai yg ada di pasaran itu, sy suka puyeng baunya hehe

      Hapus
  5. IMO, cuka makan konsentrasi asam nya kecil mak, tidak sebesar yg mak pakai tuk bersihin kamar mandi. Jadi, walaupun sama sama asam, konsentrasi yang berbeda akan menghasilkan kinerja yang berbeda pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, gt. Baru tau sy. Makasih ya Mak, udah menjawab pertanyaan & rasa penasaran sy hihihi! Kayae Mak Indah jago kimia yak :D

      Hapus
  6. Waahhh tipsnya berguna mak.... Baru tahu niii... Makasiiihh yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak Prima. Selamat mempraktekkan hehehe

      Hapus
  7. kalo buat bersihin kran bisa ga mak? aer d rumah saya juga berkapur gitu, jadi keran stainless gt gampang ga kinclong, bbrp kali coba pake brasco tapi balik ga kinclong lagi. apa harus tiap hari bersiinnya ya? lieur euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba Mak sapa tau berhasil hihihi! Kebetulan kran di rumah sy masih aman, jd cukup digosok sebentar.

      Hapus
  8. Sama mbak, daku jg pakek itu koq kalok bersihin bak mandi... :)

    BalasHapus
  9. ooo pake air panas ya mbak. aku biasane cuma air biasa. eh pake kawat, aku juga. tak cobane mbak. tfs ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Pake air panas lebih ampuh kerjanya. Seepp, semoga berhasil yaa Maaak :D

      Hapus
  10. Wah cobain ah, tenkyu inpohnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Maak. Makasih ya udah mampir ^_^

      Hapus
  11. Wah, langsung praktek ah..TFS ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, Mak. Semoga berhasil yaa :)

      Hapus
  12. Mba mau lihat foto before dan after nya donk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin lupa ga dipoto Mbak :(. In shaa Allah, nanti kalo bebersih lagi sy poto yaa

      Hapus
  13. Beginian bisa dibeli di toko apa maaaak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di toko bahan roti ada Mak, di warung kelontong juga. Kayae di minimarket juga udah ada :)

      Hapus
  14. Iya mak betul, sejak jaman aku SD sering lihat ibu nguras kolah pake citrun. Manjuurr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siipp, Mak. Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  15. ibu ku juga pakai ini mak.. tapi belum pernah sii untuk bersihin kerak ituu. lebih sering dipakai untuk merendam pakaian warna putih. yang tadinya kuning kucel bisa cling kembali mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah pake buat mutihin baju Mak. Kalo pake pemutih cair, baunya kagak nahaan :D

      Hapus
  16. Wuih! Murah dan aman ya, mak. Boleh juga ditiru tipsnya ^ ^
    Makasih sudah sharing
    nice post!

    www.nonahitampahit.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak. Makasih juga udah mampir yaa ^_^

      Hapus
  17. Ini berguna banget TFS ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak Fee. Selamat mempraktekkan yaa ^_^

      Hapus
  18. ngapain nggak tanya aku??ngekos dulu tiap minggu nggosok kamar mandi pake sitrun,campur air biasa aja,baru disiram dikamar mandinya,tinggal makan,tidur2an,ngerumpi..pas mau uhur masuk kamar,kinclong deh,,g usah gosok nggoyo lagi hahahaha
    ohya,buat mutihin baju juga bisa,rendem aja bajunya...sayang di Siak g ada,q cari2 orang pada g tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha! Yg ditanya jauh chiiinn :D. Mutihin baju pake sitrun dari jaman nyuci di midoah udah kelless :D

      Hapus
  19. wahh makasih tipsnya mak...bisa nih ditiruu *lirik peralatan dapur yang kotorrr :D

    BalasHapus
  20. Kirain cuma buat cuci baju aja, ternyata bisa buat bersihin kerak juga toh.
    Bsk mau coba ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Semua-mua bisa hehe! Selamat mencoba yaa :)

      Hapus
  21. Kirain cuma buat cuci baju aja, ternyata bisa buat bersihin kerak juga toh.
    Bsk mau coba ah.

    BalasHapus
  22. Baru tahu~baru tahu... Saya baru tahu sintrun bisa untuk bebersih... Selama ini selalu pakai yang dijual di pasaran dan baunya kadang-kadang nggak cocok sama idung.. Ini tanpa aroma kan ya mak? Btw kalo nggak pake air panas ampuh juga nggak? TFS ya... sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy Mak, tanpa aroma. Makanya aku pake ini hehehe! Kalo yg dijual botolan itu kagak nahan baunya :D.
      Pake air biasa juga bisa, tapi lebih ampuh pake air panas ^_^

      Hapus
  23. Kenapa harus direbus dulu???? Ada alasan ilmiahnya tidak???? HehehehešŸ˜Š buat bikin makalah nih

    BalasHapus
  24. oo gitu ya, trims tipsnya. mesti nyetok banyak nih, buat baju sih udah pernah.

    BalasHapus