Google+ Followers

Sabtu, 07 Maret 2015

Job Review dan Newbie


Menjadi seorang newbie di dunia blogging membuat saya belajar banyak hal. Bukan sekedar ilmu menulis, tapi juga tetek bengek terkait dunia blogging. Awal ketertarikan saya di dunia perbloggingan ini adalah ketika sahabat saya bercerita betapa menyenangkannya menjadi seorang blogger. Bukan hanya bisa menambah ilmu blogging dan pengetahuan lainnya, tapi juga bisa menambah income alias penghasilan.

Demi mendengar kata penghasilan, kepala saya langsung berdiri tegak. Penghasilan dari ngeblog? Ini yang saya cari *keluar taring vampir :D

Sudah lama saya berangan-angan memiliki pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja, terutama di rumah. Ini adalah cita-cita sejak saya bisa berfikir tentang dunia kerja dan pendapatan. Kebetulan saya tipe orang yang lebih nyaman bekerja tidak dalam ikatan waktu (baca: ngantor).

Pola pikir saya ini mungkin dipengaruhi oleh lingkungan keluarga saya yang rata-rata bekerja di lapangan. Tidak terikat jam kerja. Namun bisa menghidupi keluarga. Meskipun demikian, rasa tanggung jawab penuh terhadap pekerjaan harus menjadi yang utama

Kembali ke soal penghasilan dari blogging. Untuk mendapat penghasilan dari ngeblog, kata sahabat saya, salah satunya bila kita mendapat job review. Apa itu?

Job artinya pekerjaan. Review artinya ulasan atau tinjauan. So, secara bebas job review bisa diartikan kita menulis atau membuat ulasan tentang suatu produk tertentu dan kita dibayar untuk itu.

Produk apa saja yang bisa kita tulis? Banyak sekali. Mulai dari kebutuhan keluarga –seperti baju, sabun, kosmetik, perlengkapan rumah (furnitur, alat masak, elektronik, dsb), perlengkapan bayi, sampai kebutuhan tersier bisa kita tulis. Dari barang yang murah meriah hingga barang mewah bisa kita ulas. Intinya, semua yang memiliki nilai jual bisa kita review.

Apalagi di jaman yang serba internet ini, kebanyakan orang suka mencari tahu detail barang yang ingin dibeli sebelum benar-benar membeli. Dari sinilah profesi job review berkembang. Vendor dan produsen memilih (baca: memberdayakan) para blogger untuk memperkenalkan produk mereka. Blogger dipilih tentu karena alasan tertentu. Konon, seperti yang pernah saya baca, tulisan blogger lebih original dan lebih personal. Sehingga banyak calon konsumen yang lebih percaya ulasan mereka. Bila sudah percaya, dipastikan mereka beli produk yang telah di-review tersebut.

Tapi tentu saja, sebagai anak baru di dunia blogging, saya cukup tahu diri. Saya belum memiliki kemampuan apa-apa dibanding teman-teman yang sudah lama malang melintang di dunia persilatan, eh, per-blogging-an :D. Intinya harus banyak belajar.

Jadi apa yang bakal saya lakukan supaya dapat memperoleh job review tadi?  
Yang pertama adalah menulis dan terus menulis. Hingga saat ini, postingan di blog saya masih bisa dihitung jari tangan dan kaki #ekh :P. Dengan menulis apa saja, sedikit demi sedikit kemampuan saya in shaa Allah bakal terasah *seperti pisau tsaaahh :D.

Seperti menulis pengalaman saya memakai benda ini. Yang saya tulis ini memang bukan sebuah review. Hanya sharing pengalaman saya saja.

Yang kedua, membaca hasil tulisan teman-teman blogger lainnya. Terutama tentang review suatu produk. Dari situ saya bisa belajar banyak hal. Apa saja yang bisa dan boleh ditulis. Apa saja yang haram ditulis di sebuah review.

Bisa juga nanti saya mencoba me-review suatu produk yang sudah pernah saya pakai. Tentunya sukarela alias tidak ada honor. Begitu tips yang saya baca dari blog seorang teman.

Mendapat job review sepertinya impian setiap blogger ya. Karena memang hal ini salah satu bukti bahwa tulisannya laik jual dan layak baca.

Nah, untuk saat ini, mendapat penghasilan dari ngeblog adalah ikhtiar jangka panjang saya, terutama setelah menikah nanti (semoga disegerakan ya Allah, aamiin ^_^). Alasannya sederhana saja, saya ingin bekerja tanpa harus meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. 

Mengapa jangka panjang? Karena seperti yang saya bilang, saya masih hijau di medan keren ini :D. Meskipun jangka panjang, tapi semua harus dimulai dari sekarang kan? Siapa tahu, salah satu jalan rezeki saya ada di sini ^_^. Dan setelah ini ada yang melirik blog hijau saya untuk kemudian meminta saya me-review produknya *ngarep :P

Yang penting sekarang, menulis, menulis, dan menulis. Selebihnya, biarlah Allah mengatur semuanya.


********************
 "Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta

29 komentar:

  1. saya juga masih hijau mak. semangat hijau! *eh?*

    BalasHapus
  2. teruuus menulis mbak... ramaikan jagad perblogging-an... hehe
    sukses GA nya mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak, makasih udah mampir :). Sukses jg buat Mbak chellin yaa ^_^

      Hapus
  3. Semangat terus mak yg penting happy nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak, yg penting hepii *ngiklan xixixixi

      Hapus
  4. apalagi saya,masih ingusan disunia perbloggingan hahaha...terus berbagi yang penting happy ya say^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiihhh.. Mak yg ini aja ingusan apalagi sy, ileran #ekh

      Jgn lupa lap ingusnya yaaaa :P

      Hapus
  5. Daku jg masih owe' owe' mak alias newbie...jd ya blm pernah dpet job ripiu...semoga lah dikau dan dirikuh bisa segera merasakan yg namanya job ripiu ya mak...
    Yang pentiiinnnggggg....Blogging with heart.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain I'm the only newbie, Mak :D. Ternyata ada juga baby-born lainnya xixixixi

      Aamiin, Maak. Sippo ^_^

      Hapus
  6. Saya juga loh mak masih newbie, blm pernah dapat job review...artikel yg menarik, makasih ya mak sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sama2 Mak, yuk belajar bareng biar dpt job itu xixixi (gelar tiker bawa cemilan)

      salam joged newbie :D

      Hapus
  7. Tossss saya juga mak... Artikelnya bagus dan enak diikuti alurnya... *_* tetep semamgat ya kitaaaa mak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak Prima ^_^

      Yess!! Harus semangat terus pokoknya kita yaa :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. Semoga setelah ini kita dpt job review ya Mbak Gusty -eh manggilnya gmn ya :D

      Pokoknya semangat nulis teruss ^_^

      Hapus
  9. Wah, betul tuh! Paling seneng dapat review produk yang saya suka. Pernah dapat JR , tapi timbul penyakit lama, cepet merasa puas dan g mencoba lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, harus belajar tentang JR sama Mak Mutia ini ^_^.

      Hapus
  10. aku msh blum kepikiran utk bnran dibayar buat job review sih mba :D Ada bbrapa tulisan terutama ttg kuliner yg aku review, tp semuanya itu murni dri aku sndiri... kdg2 link tulisan aku krm ke pemilik restoran, dan pernah tuh ada yg merasa terimakasih bgt, dan malah ngasih aku voucher plus uang tunai yg lumayan bgt :D

    Blm mw jd job review yg bnr2, krn aku ga pgn didikte hrs menulis sesuai yg mrk minta.. kalo memang ga sesuai ama tema blogku (kuliner & traveling), aku pasti menolak... Apalagi kalo hrs nulis yg bgs2nya aja , pdhl kenyataan ga bgs, ogah deh jadinya ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalo nulis didikte itu rasanya nggak banget ya Mbak. Hasilnya juga kurang memuaskan kita sebagai penulis. Mudah2an si kalo dpt JR bnr2 yg sesuai dgn tema kita, aamiin...

      Tapi keren Mbak Fanny dpt apresiasi gt, malah diluar dugaan yaa. Sukses ya buat blognya Mbak Fanny ^_^

      Hapus
  11. Bagi seorang blogger mendapat job review adalah sesuatu banget ya... siapa sih yg gak senang mendapatkan penghasilan atas review produk yg sdh kita buat... selama aku jadi blogger blm pernah tuh dapet padahal sih gak newbie2 amat, hehe.. mungkin blog-ku gak ber-niche atau karena jarang update artikel... Kini aku mulai rajin bikib postingan agar blog-ku selalu update...siapa tahu job review mampir juga kepadaku.. met ngontes ya Mbak semoga sukses ya.. salam kenal juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, kayae salah satu kuncinya rajin bikin postingan hehehe! Mudah2an setelah ini kita bisa dpt JR ya Mak.
      Trimakasih sdh mampir, salam kenal ^_^

      Hapus
  12. Saya pernah satu kali menerima tawaran Job REVIEW. Dapat bayaran 400 000 ribu rupiah per post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, lumayan ya Pak fee-nya.
      Trima kasih sdh mampir. Salam kenal :)

      Hapus
  13. Wah keren dan menginspirasi tulisannya Mak..

    BalasHapus
  14. Tos, Mba, kalau gitu :)
    Saya juga masih banyak belajar.
    Tulisan Mba Eva bagus, euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, jadi tersandung saiah :D
      Makasih Mbak Pipit ^_^

      Hapus
  15. Salam kenal mba..

    Saya juga masih nubi di dunia per-blogging-an. Sengaja bikin blog yang isinya ulasan hotel yg pernah aku singgahi. Semoga bisa jadi job reviewer yang profesional.

    BalasHapus