Google+ Followers

Selasa, 10 Februari 2015

Bakso Pedes; Solusi Saat Flu


Musim hujan sudah datang. Bulan Januari, seperti biasa, hujan sedang di puncaknya. Ada yang bilang, kepanjangan Januari adalah hujan sehari-hari. Jadi tidak heran, intensitas turun hujan bulan ini sering sekali. Bukan hanya banjir yang mengancam. Penyakit bawaan musim hujan pun ikut meramaikan. Dari penyakit ringan seperti flu, hingga yang kategori berat semisal DBD dan chikungunya.

Penyakit yang gampang menular memang flu. Seperti yang saya alami setiap hujan datang. Sebelumnya, beberapa anggota keluarga saya, seperti om, Ibu, dan sepupu saya, sudah mendapat bagian sakit flu. Sekarang giliran saya.

Ya, saya termasuk orang yang punya imunitas rendah. Gampang sekali tertular bila ada yang sedang flu. Sudah dua hari ini saya merasa tubuh saya kurang fit. Orang Jawa bilang nggreges. Mulut juga mulai pahit. Makanan yang masuk di mulut terasa hambar. Tapi demi menunjang aktifitas yang tidak bisa diliburkan, saya paksakan untuk tetap makan.

Saya termasuk orang yang tidak suka mengkonsumsi obat. Saya susah menelan obat.  Apalagi untuk penyakit ringan macam flu ini. Bilapun minum obat, itu berarti sudah parah dan dari dokter. Pun, bila saya sudah merasa baikan, saya tidak melanjutkan minum obat hingga tuntas meski obat dari dokter masih tersisa. Kalau disuruh memilih, lebih baik saya minum jamu gendong daripada minum obat. Ini juga upaya saya untuk menghindari obat kimia. Lagipula, terlalu sering mengkonsumsi obat juga kurang baik bagi kesehatan, bukan?

Pernah di jaman SMA, saya terkena tipes yang mengharuskan saya di­-opname selama seminggu di rumah sakit dan istirahat di rumah sekitar 2 bulan. Selama di rumah sakit, saya pernah sekali membuang obat yang harus saya konsumsi. Saat itu, keluarga yang menjaga saya di rs sedang keluar. Bandel sekali bukan? Hehehe

Nah, bagaimana bila diserang flu seperti ini?

Saya pernah baca sebuah artikel kesehatan, saat kondisi flu, disarankan untuk mengkonsumsi masakan yang mengandung bawang putih. Sup ayam dan bakso contohnya. Kenapa? Bawang putih ternyata mengandung zat alilin yang bisa meringankan flu dan anti oksidan yang bagus untuk tubuh.

Dan dari dulu, saya suka mensugesti diri sendiri. Bila sakit flu, demam dan semacamnya, obatnya simpel. Bakso pedes dan teh panas. Alhamdulillah berhasil. Dan itu terjadi berulang kali. Seperti juga yang saya lakukan kali ini.

Hari ini, seusai menyelesaikan tugas, saya menuju warung bakso langganan saya di sebelah selatan perempatan STAIN Ponorogo. Warung bakso Pak Ji. Menurut saya, inilah juara bakso di kota saya. Masih pukul 10 pagi. Tapi bangku di warung Pak Ji sudah penuh. Saya pesan 1 porsi bakso untuk dibungkus. Harganya sesuai rasanya; Rp.7.500,-. Dengan kondisi badan yang kurang fit, bukanlah pilihan bijak bila makan di tempat. Takutnya pula, hidung saya meler-meler bereaksi karena kepedesan hehehe!

Segera setelah menerima bakso pesanan, saya langsung meluncur ke rumah menikmati bakso Pak Ji. Sengaja saya beri sambal yang banyak supaya lebih cepat membantu memulihkan raga saya. Cabe juga dipercaya cepat membantu mengobati flu. Rasanya? Mantap dan pedassss. Bikin badan saya jadi berkeringat. Inilah yang saya harapkan. Dengan cepat berkeringat, in shaa Allah badan akan terasa lebih enteng. 

 

Alhamdulillah, setelah menghabiskan seporsi bakso, badan saya lumayan lebih enak. Sekarang, saatnya tea time.

Satu lagi, bila suhu badan terasa tinggi dan tidak mau ke dokter, kadang saya mengkonsumsi Demacolin. Ini tablet paracetamol 500 mg yang rasanya manis. Makanya saya mau minum hehehe! Saya dapat info ini juga dari teman. Bisa didapat di toko obat. Harganya murah. Satu strip @10 butir hanya Rp.3.500,-. Alhamdulillah setelah minum itu, suhu badan bisa turun.
 
Stok Demacolin di rumah


O iya, karena baksonya keburu habis sebelum difoto, saya comotkan dari mbah google gapapa yaa hehehe!

Jadi, bila flu melanda, jangan buru-buru minum obat. Makan bakso pedas saja ya. Selain mengenyangkan, tentu lebih aman hehehe! Semoga lekas sembuh.

Ini cerita saya soal flu dan obatnya. Bagaimana sahabat lainnya? Ada yang punya cara unik lainnya?

14 komentar:

  1. Mantap sekali. Kalo sdg flu menyantap bakso yg lg ngepul kuahnys.. Pedes lagi.. Wah dijamin flunya hilang tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Maakk. Panas plus pedes bikin keringetan, flu nya amblas hehehe! Makasih ya Maak udah berkunjung :)

      Hapus
  2. Wah terimakasih info paracetamol nya mak. Kalau lagi flu memang enaknya makan yang berkuah ya. Segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Maak. Trimakasih juga yaa udah berkunjung :)

      Hapus
  3. Karena kuahnya hangat, baksonya pedas, mbelernya jd bablas ya mak..flunya terkuras abis...obat demamnya kayaknya oke tuh mak. Wah tgs bgd lo mak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak. Asal ga bablas ke mangkok baksonya aja herhehe! Sama2 Mak, makasih jg udah berkunjung :)

      Hapus
  4. Karena kuahnya hangat, baksonya pedas, mbelernya jd bablas ya mak..flunya terkuras abis...obat demamnya kayaknya oke tuh mak. Wah tgs bgd lo mak ya :)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Aku juga suka makan yang seger2 gini kalo flu, bikin hidung plong ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Maak. Mudah plus murah hehe! Makasih ya Mak udah berkunjung :)

      Hapus
  7. cocokk... kalo lagi flu emang enaknya yang anget-anget n puedess... biar plong... :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  8. bakso pedes bisa mempercepat flu mungkin karena kandungan vitamin C yg tinggi di cabe rawit mba :) walo pedes, jgn remehin vit C nya.. jauh lbh tinggi drpd buah jeruk ... sementara vit C juga berguna utk kekebalan tubuh, jd mungkin itu kali ya yg bikin flu cpt ilang abis makan pedes :)

    BalasHapus
  9. Waa makasih untuk info vit c nya Mbak. Iya kali ya. Vit c bagus untuk kekebalan tubuh. Makasih udah mampir ya Mbak :)

    BalasHapus