Google+ Followers

Senin, 14 September 2015

Panggung AKSESI: Dari Pantomim Hingga Parodi


Beberapa hari sebelum puasa Ramadhan lalu (15/6), saya diminta jadi MC untuk acara malam pentas seni penutupan akhir tahun pelajaran. Tapi bukan acara pensi biasa karena konsepnya beda dari pensi biasanya. Kalau pernah nonton pagelaran seni di pesantren modern, seperti itulah sedikit gambarannya.

Oh ya, ternyata saya ngemsi-nya tidak sendiri tapi duet bareng teman lama saya di radio dulu. Jadi, ini semacam reuni kecil buat kami yang dua tahun belakangan tidak pernah ketemu.

Selain kami berdua yang jadi MC untuk pentas seni, sebelumnya ada MC formal dari 4 siswa-siswi dengan menggunakan 4 bahasa: Inggris, Arab, Indonesia, dan Jawa.
MC 4 bahasa (foto pinjam dari sini)

OK, back to the laptop.

Jadi yang bikin acara perpisahan ini adalah sebuah madrasah setingkat SD di kawasan selatan Ponorogo. Namanya MI Al Jihad. Terletak di desa Karanggebang, kecamatan Jetis, Ponorogo.

Lokasinya bisa dibilang agak jauh dari pusat kota Ponorogo. Tapi, MI Al Jihad ini cukup maju dan prestasinya lumayan banyak. Kegiatannya juga beragam, salah satunya ya acara pentas seni ini.

Nama acaranya cukup unik: AKSESI. Kependekan dari Aksi Sejuta Kreasi. Dan konon, pagelaran ini sudah berlangsung dari tahun 2003 lalu.

Bukan tanpa maksud kalau acara ini dinamakan demikian. Karena di acara ini, kreatifitas seluruh elemen madrasah dituangkan *tsaaahh :D. Mulai dari siswa-siswi yang tampil, ustadz dan ustadzahnya, juga para alumninya.

Kenapa alumninya terlibat? Menurut saya ini salah satu yang istimewa. Jadi, meskipun mereka sudah lulus –setahun, dua tahun, atau beberapa tahun yang lalu-, ikatan mereka dengan almamater cukup kuat. Sehingga setiap acara, alumni pasti terlibat di kepanitiaan. Tidak cuma datang, sowan, nonton, pulang, selesai.

Dan, berhubung ulangan kenaikan kelas tahun ini mepet dengan liburan sekolah plus libur puasa, jadi kata salah satu teman saya yang ngajar di sana, persiapan untuk pagelaran ini cukup singkat. Hanya seminggu terhitung dari selesainya UKK anak-anak. Mulai dari latihan, pesiapan kostum, juga persiapan panggung. 

Meski persiapannya kilat dan panggungnya tidak semegah tahun-tahun sebelumnya, hasilnya tidak mengecewakan kok.

Jadi, apa saja yang ditampilkan di pagelaran AKSESI tahun ini?

Banyak.

 
Aneka tarian persembahan siswa-siswi Al Jihad

Ada berbagai macam tarian, hadrah modern, perkusi, puisi, dan fashion show. Ada pula drama, nasyid, pantomim, serta parodi. Semua performer dari siswa-siswi. Tak ketinggalan drum band anak didik  MI Al Jihad juga unjuk penampilan. Semua bagus-bagus.
Atas: perkusi, kiri bawah: nasyid, kanan bawah: puisi.

Tapi penampilan yang paling berkesan menurut saya adalah pantomim dan parodi.

Si performer pantomim lumayan bagus. Gerakan dan ekspresinya cukup lumayan untuk seorang amatir, apalagi usianya masih kecil.
Aksi pantomim

Sementara pertunjukan parodinya berhasil bikin  saya dan penonton tertawa. Dengan judul D’Al Jihad Show, para siswa memparodikan acara D’Academy Show yang saat itu lagi hits di TV.
Parodi D'Al Jihad Show

Ada yang jadi MC menirukan trio MC-nya. Ada yang jadi juri menirukan gaya Rita Sugiarto, Saipul Jamil, dll. Tak ketinggalan si Ma’e alias Soimah. Jargon ‘sukses ya say..’ yang dipopulerkan penyanyi senior Rita Sugiarto juga tidak ketinggalan diucapkan.

Semua pemain total menirukan artis-artis itu. Dan penonton sukses dibikin sakit perut oleh aksi panggung mereka.

Secara keseluruhan pagelaran AKSESI ini cukup sukses dan menghibur. Terbukti penonton baru beranjak dari tempat duduknya saat saya dan teman saya menutup acara.

Sukses terus untuk Al jihad. Semoga tahun depan masih mengundang saya jadi MC ya :D.

post signature

26 komentar:

  1. Oo....mbak vhoy mc juga ya... Hebat! Besok ikutan audisi presenter tv yaa.....:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, aku ga pede Mbak. Secara badanku ga TV-genik, kuyus banget ahahaha!

      Hapus
  2. Kece acaranya... sampe-sampe ada pantonimnya... jadi ingat masa-masa SD...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SD ku dulu malah ga ada kayak gini Mbak :D

      Hapus
  3. murid-muridnya berbakat seni semua nih, pertunjukannya banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ga semua sih Mak, kan ada yg jadi penggembira aja. Tapi yg tampil lumayan banyak si hihihi

      Hapus
  4. eciyeeee......jadi emsih niyeee,karanggebang kuwi omahe kak nurul nurfiana duk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, lagi kangen cuap2 pake mik iki :D.
      Iya, dkt rumah Nurfi. Ini murid2nya Awalul.

      Hapus
  5. seru nih acaranya.
    Btw, ntar klo aku perlu jasa eMce, ta koling-koling mak Vhoy ya... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih harus ke Inggris gitu Mak? Xoxoxoxo

      Hapus
  6. Kecil kecil udah pinter pantomiman. seruuu...

    BalasHapus
  7. mudah2an tahun depan jd mc-nya lagi :)

    BalasHapus
  8. waahh anak-anak ini berbakat di panggung ya mak.. kalau diasah bisa jadi entertainer nanti kalau mereka gede... :)

    BalasHapus
  9. pasti seru banget acaranya, apalagi MC nya mba Vhoy :)

    BalasHapus
  10. Tapinklo liat baxut aku tatuut hihhi

    BalasHapus
  11. wah banyak juga yang ditampilkan di panggung ya...keren lah, siapa dulu donk MCnya?

    BalasHapus