Google+ Followers

Jumat, 18 September 2015

Kebaya



Dulu, bila bicara soal kebaya, yang terlintas di pikiran adalah ibu-ibu, sepuh, kuno, dan ... ketinggalan zaman. Saya pikir itu tidak salah sepenuhnya. Karena sebelum jadi pakaian yang hits seperti sekarang, kebaya hanya dipakai oleh perempuan yang sudah berumur.

Sekali lagi, itu dulu. Sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi.

Kenapa?


Karena kebaya sudah mulai berevolusi. Dari segi model desain yang semakin ciamik. Juga warna yang tak kalah cantik dan menarik. Pun bahan yang dipakai tidak monoton. Jadilah perempuan usia muda dan remaja mulai banyak yang suka memakai kebaya.  Terutama untuk acara-acara istimewa. Saat  wisuda misalnya dan kondangan, misalnya.

Memang tidak salah bila perempuan suka memakai kebaya. Selain desain yang semakin modern, kesan anggun dan elegan yang ditampilkan oleh pemakai kebaya juga menjadi salah satu daya tariknya.

Ngomong-ngomong soal kebaya, setidaknya dua kali saya bikin ke penjahit. Yang pertama buat seragam saat kakak sepupu saya nikah. Yang kedua pas wisuda S1 saya.

Urusan jahit menjahit kebaya bisa dibilang gampang-gampang susah nyari yang pas. Ada yang oke tapi mahalnya minta ampun. Ada yang harganya terjangkau, tapi hasilnya di bawah rata-rata.

Alhamdulillah dua yang saya bikin itu cocok dengan selera saya. Tapi penjahit langganan saya itu semakin kesini hasil jahitannya semakin berkurang kualitasnya. Terakhir menjahit kebaya punya ibu saya beberapa waktu lalu,  cara motong dan jahitnya kurang rapi. Jadi tidak pas di badan, pun tidak nyaman dipakai. Sepertinya yang mengerjakan anak buahnya yang masih baru. Jadi ya gitu deh hasilnya :(.

Walhasil, setelah itu saya jadi malas bikin kebaya ke penjahit. Mau pindah ke penjahit lain masih bingung cari referensi.

Meski begitu, keinginan pakai kebaya masih tidak bisa hilang dari diri saya. Apalagi bulan Dzulhijjah ini musim kondangan. Masa pakai yang itu-itu lagi. Inginnya saya, pakai kebaya baru biar bisa tampil lebih fresh.

Saya putuskan buat beli jadi saja. Biar bisa langsung dipakai karena kondangan sudah di depan mata. Selain itu biar saya bisa lebih leluasa memilih supaya tidak terlalu kecewa seperti melihat hasil kebaya ibu saya.

Jadilah saya semangat lagi hunting kebaya. Hunting-nya online saja secara di luar panasnya minta ampun.

Akhirnya, setelah ngubek-ngubek beberapa online shop, Alhamdulillah nemu juga. Banyak pilihan sebenarnya. Tapi saya jatuh cinta sama kebaya silky orange yang ada di website-nya ZALORA.
Gimana pilihan saya? Cantik kan? Simpel tapi tetap mengesankan keanggunan seperti saya *dikeplak sandal. Dan yang pasti, saya bisa kondangan pakai kebaya baru. Yeeayyyy!!

post signature

26 komentar:

  1. kok kebaynakan gitu ya,kalo dah cocok abnget sama satu penjahit,eh lama2 jahitannya kurang bagus..aku pernah ngalamin juga,jadi pindah deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saayy. Padahal dulu sebelum rame, selalu jahit di situ. Begitu rame en punya karyawan, jahitnya jadi krg bagus lagi. Jadi quality controlnya kurang. Sebel gimana gt :(

      Hapus
  2. saya ga berani njajitin baju mbak. soalnya pasti si tukang jahitnya bakal bilang, "kok kecil banget sih badannya?!". males deh jadinya hahaha

    BalasHapus
  3. Cakep kebayanya. Kelihatan fresh. Saya ini gak punya kebaya mbak. Kalau lihat kebayĆ  cantik-cantik murung tapi gak pede makainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, pede ajalagi Mbak. Kalo pede, mau pake apapun oke :D

      Hapus
  4. Ah, baca ini jadi ingat penjahit langgananku yang awal-awalnya aja ok. Semakin ke sini malah semakin mengecewakan. Jadi males nerusin berlangganan. Yaaa ... curcol deh. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaahh, tuh kan ternyata sy ga sendiri yg ngalami. Jadi males bener ya Mbak :P

      Hapus
  5. Wah bahannya kliatan mahal yaa
    Tp aku suka yg ada brokatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aq suka yg simpel Mbak. Brkat buatku tebel2 gimana gt hihihi

      Hapus
  6. cakep ya kebaya..maunya kain batik aku modelin kebaya mbak..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, batik juga bagus dibikin kebaya. DI olshop itu juga ada hihi

      Hapus
  7. Mbak....kebayanya cantikkk.... Kok jd pengen yaaa...:-)

    BalasHapus
  8. Kebaya memang membuat wanita terlihat anggun dan cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, bener Mbak Tian. Apalagi yg pake Mbak Tian,pasti tambah cantik ^_^

      Hapus
  9. jadi pengen jahitin kebaya malah saya mba hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting cari penjahit yg tau keinginan kita dan kualitas jahitannya bagus aja ya Mbak, biar ga kecewa ^_^

      Hapus
  10. Lucu kebayanya. Tapi kalau aku sih selalu bikin, soalnya scoliosisku lumayan besar, jadi biasanya bagian sebelah kanan dibikin agak besar supaya nyaman pakainya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kelebihan jait sendiri itu bisa nyesuaiin badan ya Mbak. Yg penting jaitannya bagus hehehe

      Hapus
  11. kebaya modern...bisa dipadu dengan jeans, cocok untuk acara semi formal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy Mbak. Skrg kebaya bisa dipadu padankan sama bawahan apa saja. G cuma kain aja ya.

      Hapus
  12. Kalau milih penjahit itu seperti milih dokter juga.. cocok-cocokan, yang 1 bilang oke banget, yang kita rasain biasa aja malah cenderung gak suka, pun begitu sebaliknya. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull Maksist. Makanya, aku ga suka terlalu terpaku sama saran orang kalo ga buktiin sndiri.

      Hapus