Google+ Followers

Sabtu, 03 Oktober 2015

Ingin Beasiswa Belajar Fashion? Di Sini Ada!


Sahabat, pernah nggak bertanya, kenapa baju rancangan desainer jauh lebih mahal dibanding penjahit biasa?

Saya pernah punya pertanyaan seperti itu. Dan saya dapat salah satu jawabannya ketika kakak perempuan sahabat saya ingin sekolah fesyen tapi gagal.


Ceritanya, si kakak ini saat itu sudah mahasiswi tingkat akhir di sebuah PTN di Jogja. Jadi kegiatan perkuliahan tidak sepadat semester-semester sebelumnya. Makanya, selain menyelesaikan skripsi, dia ingin mendalami desain fesyen yang selama ini menjadi salah satu passion-nya.

Singkat cerita, hunting-lah dia beberapa sekolah fesyen yang ada di Jogja. Ketemu satu sekolah di Jalan Parangtritis.

Tapi impian tinggal impian. Karena dana untuk sekolah fesyen lumayan besar. Istilahnya, untuk beli pensil gambarnya saja sudah mahal. Apalagi untuk biaya pendidikannya. Sementara orang tua sudah angkat tangan bila harus membiayai segitu besarnya.

Satu jawaban sudah ditemukan: sekolahnya mahal, jadi wajar harganya mahal. Seperti ujaran bagi profesi dokter. Wajar periksa ke dokter mahal, karena sekolahnya juga mahal :D.  

Tapi ada yang lebih mahal dari itu.
Yaitu proses dan cerita di balik sebuah rancangan.

Kebaya desain Anne Avantie misalnya. Satu kebaya bisa puluhan juta rupiah. Bukan hanya karena bahan yang dipakai. Tapi setiap detail dari kebaya rancangannya juga ikut mendongkrak harganya. Apalagi, rancangan Anne Avantie itu khas dan orisinil. Yang tidak ketinggalan, sentuhan modern di setiap desainnya.

Untuk membuat desain se-orisinil itu tentu saja tidak asal menggambar. Tapi juga memerlukan tahapan konsepsi yang matang. Ada ilmu lain yang mendukung agar rancangan menjadi elegan dan menawan: SAINS. Perancang besar macam Anne Avantie pun menerapkan ini dalam setiap desainnya. Tidak heran, hasil karyanya selalu unik dan menjadikannya ikon fesyen kebaya tanah air.

Sahabat, tahu Zalora kan?

Zalora, sebagai destinasi online fashion di Asia, juga sangat mengapresiasi pentingnya sains dalam sebuah desain.  

Jadi, sebagai bentuk apresiasi tersebut, Zalora meluncurkan program beasiswa untuk mahasiswa Asia yang diberi nama The Zalora Scholarship. Ini pertama kalinya Zalora meluncurkan program beasiswa.

Tema pertama untuk The Zalora Scholarship ini adalah The Science of Fashion.

Nah, untuk para mahasiswa yang tertarik dengan beasiswa ini bisa ikut mendaftar. Caranya dengan membuat essay sesuai tema di atas. Yang pasti syarat essay-nya harus menarik, kreatif, inovatif, sesuai judul tema, dan harus menggambarkan Zalora.

Setelah itu, langsung didaftarkan di website Zalora berikut: www.zalora.co.id/scholarship. Atau bisa juga ke alamat email berikut: scholarship@zalora.com.  

Jangan lupa. Aplikasi paling lambat diterima tanggal 16 Oktober 2015 pukul 23.00 WIB.

FYI, beasiswa ini ditujukan untuk tujuh mahasiswa yang ada di wilayah Asia: Singapura, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Sementara, pemenang beasiswa dari Indonesia sendiri, selain menerima beasiswa sebesar Rp. 15.000.000,-, juga berkesempatan magang profesional di Zalora pada bulan Mei 2016. Seru kan?

Jadi, buat sahabat yang punya saudara yang tertarik di bidang fesyen, atau adik-adik mahasiswa, buruan daftar ya. Siapa tahu beruntung bisa bergabung di Zalora ^_^.

post signature

27 komentar:

  1. waw, banyak ya beasiswanya, mak. sayang udah lulus :D

    BalasHapus
  2. Yaaah cuma buat mahasiswa, emak2 ga bisa ya? Padahal aku pernah bercita2 jadi fashion desainer juga lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, nyamar jadi mahasiswa lagi ajah Maak XD

      Hapus
  3. Terima kasih loh mbak infonya. Teman saya ada yg pengen banget belajar fashion. Dan jadi fashion disgner. bakal senang nih dia dengar berita ini..

    BalasHapus
  4. Coba aku infokan pada putri tetangga, tapi dia masih mahasiswi tuh, ntar kuliahnya gimana ya :)
    Ah yang penting aku kabari dia dulu aja, makasih ya Vhoy.

    BalasHapus
  5. buat mahasiswa ya mba.....kirain yang umum juga bisa ikut heeheh

    BalasHapus
  6. Mahasiswa s2 boleh ikutan ga ya mba?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmm kayae prioritasnya yg masih menempuh S1 ya Mbak :D

      Hapus
  7. Mupeng, tapi bukan mahasiswa. Hiks. Ngumpet deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ngumpet di kolong ya Mbak :D

      Hapus
  8. Br tau klo ada fashion science... pengen jg dpt beasiswa..tapi...hiks...tfs mak :)

    BalasHapus
  9. ih, ternyata ada sainsnya ya? ow ow..baru tau.. pantes aja harganya mahal. oya, untuk nggambarnya, ga bisa pakai pensil biasakah, xixixixi...

    BalasHapus
  10. Kepengen....tp sayang, udah ketuaan..hihi:)

    BalasHapus