Google+ Followers

Rabu, 24 Juni 2015

Waktu Mustajab yang Terlupa


Assalamu’alaikum.

Sahabat, gimana kabar puasanya? Mudah-mudahan selalu lancar hingga hari kemenangan ya, aamiin.

Bulan Ramadhan memang momen pas untuk memperbaiki diri. Mumpung masih 3 minggu lagi, masih banyak waktu untuk menggeber amalan di bulan penuh berkah ini. Apalagi doanya orang berpuasa tidak akan ditolak.


Nah, ngomong-ngomong soal doa, beberapa hari lalu salah satu sahabat saya share tulisan bermanfaat  terkait doa di salah satu grup WA yang saya ikuti.  Dituliskan, bahwa ada dua waktu mustajab di bulan Ramadhan yang banyak dari umat Muslim belum tahu. Waktu apa saja itu?

Waktu menjelang makan sahur dan menjelang berbuka puasa.

Disampaikan dalam kutipan tadi, dua waktu tersebut adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Apapun doa dan permohonan yang kita minta in shaa Allah bakal dikabulkan. Bahkan, konon, di Mekah dan Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib tiba, orang-orang telah sibuk menengadahkan tangan meminta kepada Allah dengan doa-doa terbaik mereka.

Kutipan yang makjleb menurut saya.

Kenapa?

Karena, masih menurut tulisan tadi, apa yang terjadi Mekah dan Madinah berbanding terbalik dengan apa yang ada di sini. Kita di sini (saya terutama), kebanyakan memanfaatkan waktu jelang buka puasa dengan ngabuburit. Jalan sana sini. Belanja sana sini. Cari takjil ini itu. Nonton TV program ini itu (pengalaman diri sendiri).

Soal program TV, tiap bulan Ramadhan semua stasiun TV memang seperti berlomba bikin acara yang terkesan berbau Ramadhan. Padahal tidak semuanya memberi manfaat. Bisa dibilang –menurut saya- hanya satu dua yang benar-benar membawa semangat Ramadhan. Hafizh Qur’an misalnya.

Terkait program tv ini, ada tulisan yang menarik dari share tadi:

Musuh-musuh Islam tahu betapa hebat ummat Muhammad SAW bila mereka berdo'a kepada Rabb-nya di saat menjelang berbuka. Karena itu, mereka buat tipu daya untuk melalaikannya dengan program-program tv & media lainnya di waktu-waktu yang mustajab yaitu: menjelang berbuka & menjelang sahur (2/3 malam). Sehingga ummat ini, mereka makan-minum, berpuasa, namun tak sempat untuk berdoa.

Masih menurut message share tadi, saat maghrib sekedar baca doa buka puasa dan menikmati hidangan yang ada itu hanya sekedar laporan dan ucapan syukur kepada Allah. Padahal, ada banyak hal yang bisa kita mohonkan selama menjalankan puasa, terutama di dua waktu istimewa tadi.

Ini semacam pengingat bagi saya sendiri. Mumpung Ramadhan masih ada beberapa waktu ke depan, harus lebih memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berdoa. Terutama di dua waktu mustajab tadi. Paling tidak, seperti saran di message share tadi, 10-15 menit jelang buka menyediakan waktu untuk menyampaikan hajat apa saja kepada Sang Pengabul doa. Berdoa untuk diri sendiri, keluarga, saudara, sahabat, dan umat Islam seluruhnya.

Semoga kita (terutama saya) semakin bisa memperbaiki diri dan memanfaatkan momen mulia ini dengan sebaik-baiknya. Dan semoga Allah segera mengabulkan doa-doa kita, aamiin.

Wassalam


post signature

33 komentar:

  1. Makasih sharringnya ya Mbak... masih tiga minggu lagi ramadhan..mari kita maksimalkan diri utk berdoa dan meohon yg terbaik bagi hidup kita ya Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, mumpung lagi obral pahala plus obral pengabulan doa, harus dimanfaatkan sebaik2nya.

      Sama2 Mak Rita, semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  2. Amiin.. makasih sharing infonya mbaak.. saya juga menjelang magrib seringnya malah nonton tv đŸ˜“ mupai hariini wajib dirubah kebiasaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak Lia ^_^
      Habis dapet ini kemarin sy jg mulai memperbaiki diri. In shaa Allah tidak ada kata terlambat ya Mbak Lia. Semoga kita termasuk yg beruntung bisa memperbaiki diri, aamiin

      Hapus
  3. maka memang alangkah baiknya setelah sholat Ashar kita perbanyak mengaji dan berdoa sampai menjelang buka ya mba.... Jadi ingat alm ayah saya, jika menjelang buka puasa, beliau mengaji, jadi kangen alm ayah hiks... Makasih sharingnya ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy Mbak, betul. Semoga bisa istiqomah sampe akhir ramadhan mengamalkannya ^_^

      Semoga almarhum Ayah mendapat tempat yg lapang di alam kuburnya ya Mbak, aamiin.

      Hapus
    2. Aamiin. Ya Allah Aamiin. Yaa Robbalaalamiin. Makasih mba...

      Hapus
  4. makasiih ya mba sharingnya, benar ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak, semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  5. makasih sudah mengingatkan aku juga

    BalasHapus
  6. makasih remindernya mak vhoy.. in sha Alloh masih ada 22 hari ke depan, lebih baik lagi.. aamiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak Prima.
      Semoga istiqomah terus ya, aamiin.

      Hapus
  7. wah terima kasih sudah diingatkan...semoga bisa memanfaatkannya ya Mak..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak Ida. Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi ya, aamiin.

      Hapus
  8. sahur dan malam tanpa tv itu nikmat mbak. urusan dunia yg njelimet dan aneh2 itu lewat aja deh. :-)

    tfs ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Mbak Diah. Skrg aq ga nonotn tv kalo sahur hihi

      Hapus
  9. Jazakillah khairaan, alhamdulillaahh tau ini sebelum puasa usai. Seneng bacanya mak Vhoy!...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, sama2 Mak Mutia
      semoga makin semangat berdoa ya Mak Mutia

      Hapus
  10. Wah saya kadang sering menyepelekan Doa.... Terima kasih sudah diingatkan mbk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga Mbak hihihi

      Sama2 Mbak, semoga setelah ini kita bisa lebih meningkatkan doa dan amal kita ya ^_^

      Hapus
  11. Duh, saya kalau menjelang magrib masih di dapur bantui mamah masak mba...hehehe...
    Disambi sambil berdoa bisa gak ya, biar makanannya berkah dan rizkinya bertambah amiiinnn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, gpp mungkin Mbak. Yang penting niat tulus doanya, jangan lupa sholawatan dulu biar tambah mantep. Kalo masakan didoain in shaa Allah tambah sadaaaapppp ;)

      Hapus
  12. makanya aku ga prnh mw nonton acara2 ga jelas di TV saat sahur/berbuka mba... mndingan baca quran krn targetku 1 hari 1 juz :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Fanny. Mending cari kegiatan bermanfaat dan berpahala drpada nonton acara lalala yeyeye itu hihihi

      Hapus
  13. mksh sharenya mak...insya Allah langsung kuterapkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mak, semoga bermanfaat yaa ^_^

      Hapus
  14. Tulisannya juga makjleb, nih.
    Iyo yo Mba, acara TV ga jelas. Klo suamiku malah nyari adzan yg cepet di TV :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, adzan itu waktu favorit kalo puasa Mbak Wid. Asal adzannya pas waktu daerah kita aja kan gpp hehehe

      Hapus
  15. Waaa...sama. Menjelang maghrib yang kulakukan adalah nonton tv...nungguin adzan. Doa maghrib juga cepet, keburu laper. Masih level *ima(n) benjol ni vhoy aku...

    BalasHapus