Rabu, 15 April 2015

Si Pintar Honda Andalan Keluarga


Honda dari Masa ke Masa
Bagi keluarga saya, yang namanya sepeda motor itu haruslah keluaran Honda. Bisa dibilang, keluarga saya fanatik Honda. Saya ingat, pertama kali Bapak saya punya motor, saat saya masih sangat kecil. Motornya adalah Honda CB. Tak berapa lama, Bapak berganti motor. Masih keluaran Honda: Astrea Prima.

Bertahun kemudian, motor itu dipindah tangankan ke salah satu saudara karena sahabat baik Bapak saya menghibahkan sepeda motornya ke Bapak. Lagi-lagi masih dari pabrikan yang sama. Hanya beda jenis dan model: Honda Win 100. Kendaraan yang satu inilah yang paling lama bertahan di rumah. Bahkan hingga saat ini. Bukan hanya karena pemberian orang, tapi dia bisa diandalkan di segala cuaca.

Pernah juga Bapak membeli Honda Supra Fit berwarna merah. Tapi itu tidak lama.

Berbilang tahun, saat saya punya motor sendiri, Honda tetap menjadi pilihan. Berhubung badan saya kecil, saya pilih Honda Beat berwarna merah. Si merah inilah yang mengantar saya kemanapun pergi: kerja, main, dll, dsb. Karena gampangnya mengendarai motor matik, Bapak saya pun ikut beli motor matik tapi body-nya lebih besar: Vario.

Si Merah siap berangkat - abaikan barangnya :D (dok. pribadi)

Tentu bukan tanpa alasan kalau kami sekeluarga pecinta berat motor Honda. Buat saya, keiritan bahan bakar menjadi faktor utama. Maklum, sehari-hari saya mobile kesana kemari. Kalau motornya boros, alamat kantong kering hanya gegara habis buat beli bahan bakar. Apalagi harga BBM terus merangkak naik di kurun waktu terakhir ini.

Bagi Bapak saya, salah satu alasannya adalah harga purna jual Honda bagus. Tidak anjlok seperti motor merk lain. Jadi tidak heran, bila setiap ganti motor selalu dari Honda.

Honda di Era Kekinian
Bicara kelebihan Honda, tentu bukan hanya yang sudah saya sebutkan di atas. Sebagai pionir di kendaraan roda dua, Honda selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Tak terkecuali dalam hal teknologi.

Dari tahun ke tahun, teknologi yang dibenamkan dalam motor keluaran Honda selalu terbarukan. Salah satunya side stand switch  pada motor matic. Sejak pertama kali meluncurkan motor matic, Honda telah menerapkannya.

Side stand switch merupakan sistem di mana mesin otomatis akan mati begitu standard samping diturunkan. Banyak kecelakaan terjadi karena si pengendara lupa menaikkan standard samping saat menyalakan mesin motor. Dengan menggunakan fitur ini, resiko kecelakaan yang diakibatkan oleh kelupaan menaikkan standard samping dapat diminimalisir.

Sementara di tahun 2015 ini, Honda kembali meluncurkan produk andalan mereka dengan teknologi yang lebih canggih. Salah satunya adalah Honda Beat eSP. Ini adalah motor keluaran terbaru yang menggunakan eSP hondasmarttech.
Honda Beat eSP (sumber gambar: di sini)

eSP merupakan teknologi pintar paling gres pada motor matik di mana Honda tetap menjadi pionirnya.  Kepanjangan dari eSP adalah ‘enhanced Smart Power’, yakni teknologi yang diciptakan untuk meningkatkan daya tahan motor, menjadikan lebih halus, serta lebih bertenaga. 
Sumber dari sini

Banyak efisiensi yang dihasilkan dengan menggunakan teknologi eSP ini. Salah satunya adalah efisiensi pembakaran. Komponen tumble dan world top class injector  yang disematkan pada teknologi eSP membuat bahan bakar menjadi lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Sementara komponen squish membuat pengapian jadi lebih baik dan pembakaran menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Berikutnya adalah efisiensi gesekan. Teknologi eSP dengan komponen seperti ACG Starter, offset cylinder, roller type rocker arm, dan spinny sleeve mengurangi gesekan pada mesin motor sehingga suara mesin lebih halus. Dengan minimnya gesekan yang dihasilkan, otomatis bahan bakar dapat dihemat.

Teknologi eSP (Sumber gambar dari sini)

Selain itu, teknologi eSP juga menghasilkan efisiensi berat. Sekedar informasi, Piston Honda Beat eSP hanya 56,7 gram; lebih ringan dari telur ayam yang beratnya 60 gram.

Terakhir, teknologi eSP menghasilkan efisiensi pendinginan. Komponen turbo fan cooling yang mendukung tekologi eSP mengoptimalkan pendinginan mesin melalui reengineering sudut kipas. Sedang breather structure sebagai jalur pernafasan berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan pada silinder.

Selain teknologi eSP, ada beberapa teknologi pendukung yang semakin menyempurnakan penampilan motor produk Honda. Yang pertama adalah idling stop system (ISS). Ini adalah sistem untuk mematikan mesin secara otomatis apabila kendaraan dalam keadaan berhenti. Apabila motor berhenti selama tiga detik, otomatis mesin akan mati. Untuk menjalankan lagi, tidak perlu di-starter ulang. Cukup memutar handle gas, maka motor akan menyala kembali.

Teknologi ISS (Sumber gambar dari sini)

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, Honda merasa wajib menyematkan sistem ini pada produk mereka. Dengan mematikan mesin sejenak –seperti saat berhenti di lampu merah-, dapat mengurangi emisi dan serta menghemat bahan bakar.

Bukan hanya itu. Sistem pengereman canggih combi brake system (CBS) juga disematkan supaya pengendara dapat melakukan pengereman yang optimal baik pada rem depan maupun belakang. Caranya gampang sekali. Cukup dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri, maka rem depan dan rem belakang bekerja secara bersamaan.

Combi Brake System (Sumber gambar dari sini)

Tak ketinggalan, answer back system yang membantu pengendara mendeteksi lokasi motornya secara otomatis dalam waktu singkat. Sistem ini bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Ketika remote ditekan, motor akan mengeluarkan suara buzzer dan lampu sen akan berkedip.

Answer Back System (Sumber gambar dari sini)

Yang tidak kalah penting adalah teknologi PGM-FI. Ini adalah sistem yang menjamin ketepatan pencampuran bahan bakar dan udara yang menjadikan performa motor semakin baik sekaligus irit bahan bakar dan ramah lingkungan. 

PGM-FI (Sumber gambar dari sini)

Yang terakhir adalah LED headlight; lampu LED yang memiliki usia lebih panjang dan hemat energi. Dengan cahaya yang lebih terang, kita lebih nyaman berkendara terutama di malam hari.

LED headlight (Sumber gambar dari sini)

Lengkap sekali bukan teknologi yang tersemat dalam motor Honda terbaru? Tak salah bila Honda selalu jadi pilihan dan andalan keluarga Indonesia, termasuk keluarga saya. Bagaimana dengan keluarga Anda? 

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog Teknologi Pintar Honda" 

http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology

post signature

18 komentar:

  1. Wah...Honda CB itu motor jadul bapakku... motor itu ngetop banget pada jamannya dulu itu lho... Kini varian motor honda sdh berbagai macamnya ya... tampilannya lebih trendi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak. CB memang legenda bgt. Skrg masih ada yg nyari, harganya juga oke :D

      Hapus
  2. idling stop. ingat zaman dulu kl berhenti di lampu merah atau pas keteteg sepur saya matiin mesin motor. irit bbm dan go green (cia..gayanya..) maksudnya biar ga keplepegan knalpot gitu. eee ternyata yg lain ga ngikutin. cuma honda ya yg mau. semoga sukses di lombanya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Kalo sepur pas lewat itu kan lama ya. Aku juga paling ga kuat sama asap kendaraan Mbak Diah. Jadi pas banget ya teknologi ini buat ngurangi asap kendaraan.

      Hapus
  3. Mantap mak! Keluargaku juga pecinta HONDA. tiga motor di rumah, semua honda. belum bisa berpindah ke lain merk hehe.... :)
    Sukses ya ma!

    BalasHapus
  4. Gajiku kukumpulin buat beli motor..dan itu Honda!!^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dunk Mak Irly. Itu si merah hasil memeras keringat xoxoxoxo!

      Hapus
  5. Fiuuh mantap Mak semoga sukses... saya juga suka honda..lebih irit, nilai jual lebih tinggi *pengalaman jual butuh hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sama ya Mak.

      Makasih Mak Ida. Sukses juga buat Mak Ida :)

      Hapus
  6. semoga menang semoga menang Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin..
      Makasih Mbak Namora. Sukses juga buat Mbak Namora ya :)

      Hapus
  7. Waaah diriku nggak punya motor mak. Padahal enak juga ya bisa kemana-mana blusukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, hayuk beli Mak Lusi biar tambah sering blusukan :D

      Hapus
  8. Semangat ya Mak....aku juga ikutan. Honda emanga juara!!! Semog menang ya..

    BalasHapus
  9. saya juga HONDA manis ni urusan motor.. dari tahun 2000 punya masih muluss.. ^_^

    BalasHapus