Google+ Followers

Kamis, 31 Desember 2015

Peduli Sesama Melalui Bulan Dana PMI





Bagi saya, PMI adalah penyambung nyawa. Terdengar berlebihan? Tidak bagi orang yang pernah merasakan jasa PMI.

Seperti kejadian sekitar 6 tahun lalu. Akhir Desember 2009, salah satu keponakan saya terkena DB lumayan parah. Ketika tiba di rumah sakit kondisinya sudah kritis. Hb-nya sangat rendah. Terlambat sedikit saja mungkin tidak tertolong, demikian kata dokter yang menangani. Beruntung pihak rumah sakit cukup cekatan. Keponakan saya langsung masuk ICU. Dokter bilang harus segera transfusi untuk mengembalikan hb normalnya.

Saat itu, saya dan salah satu saudara yang disuruh ke PMI. Syukurlah, golongan dan jenis sel darah yang dibutuhkan masih tersedia. Setelah mendapat transfusi 3 kantong darah, perlahan-lahan kesehatan keponakan  berangsur pulih.

Sya tidak tahu bagaimana ceritanya bila kami tak mendapatkan darah tepat pada waktunya. PMI memang hanya perantara usaha manusia. Tapi, melalui PMI Allah menyelamatkan nyawa keponakan saya. Makanya, kami sekeluarga sangat bersyukur karenanya.

Saat menebus kantong darah itu, saya harus membayar sekitar 350 ribu per kantong. Sempat saya bertanya-tanya, kenapa darah bisa semahal itu. Padahal, para pendonor memberikan darahnya secara gratis. Belakangan baru saya tahu jawabannya. Biaya itu bukan untuk membeli darah, tapi untuk mengganti biaya pemrosesan darah hingga siap untuk ditransfusikan ke pasien.

Ngomong-ngomong soal donor  darah, sebagai orang kurus saya tidak bisa kegiatan ini.  Sedih sebenarnya. Karena konon, orang yang suka donor darah, in shaa Allah bakal lebih sehat. Apa daya, berat badan saya tidak memenuhi syarat minimal bisa donor.

Beruntung, saya dapat info bahwa PMI membuka kesempatan bagi warga yang ingin berpartisipasi dan peduli sesama. Bukan hanya melalui donor darah, tapi juga bisa menyumbang dana melalui rekening PMI. Menurut saya ini saat yang tepat karena sekarang  bersamaan dengan berlangsungnya Bulan Dana PMI.

Nyumbangnya kemana?

Jangan khawatir. PMI menyediakan beberapa nomor rekening untuk memudahkan para donator mengirimkan sumbangannya. Silakan pilih nomor rekening di bawah ini yang sesuai dengan akun bank masing-masing ya:
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening: 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening: 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening: 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.



Alhamdulillah, orang yang tidak bisa donor darah seperti saya juga masih bisa berpartisipasi untuk kegiatan kemanusiaan PMI. Berapapun nominal yang dikirimkan pasti sangat membantu untuk kegiatan PMI.

Kegiatan PMI memang lumayan banyak, tidak cuma donor darah saja. Bisa dibilang, PMI standby saat suka dan duka. Bukan hanya saat bencana saja. Tapi saat ada acara kegembiraan yang melibatkan banyak orang seperti seremoni kenegaraan, pawai, konser musik dll dsb, PMI tak pernah ketinggalan. Tentunya semua kegiatan itu butuh dana yang tidak sedikit.

Jadi, teman-teman. Ayo bantu peduli sesama bersama PMI. Salurkan dana melalui organisasi nirlaba ini. Karena sedikit bantuan kita sangat berarti bagi saudara-saudara kita. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak sekarang kapan lagi?

*********
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Bulan Dana PMI 2015/2016
 
Lomba Blog PMI

post signature

10 komentar:

  1. Sip mbak vhoy! Aku dulu sblm sc juga harus siap 2 kntng drh. Mau ikut lomba ini, dah nggak nyandak...ternyata dl hari ini. Sukses ya!

    BalasHapus
  2. sama Mbak, saya juga gak bisa donor darah karena berat badan yang gak memenuhi syarat (waktu kuliah) dan HB rendah (sekarang ini), hiks :(

    BalasHapus
  3. sama mba, aku juga ga boleh ngdonor krn berat bdn ga sesuai syarat.. Tapiiii, jujur aja ya, aku tuh takut ama jarum mba... jd sbnrnya ga yakin juga apa aku bkl ngedonor kalo seandainya Berat bdn cocok? Ga yakin -__-.. jd lbh milih utk donasi aja deh drpd nyumbang darah :D

    BalasHapus
  4. Wahh baru tau klo ada biaya pemrosesan darah 350rb per kantong. Kirain gratis aja gitu ya

    BalasHapus
  5. Wahh baru tau klo ada biaya pemrosesan darah 350rb per kantong. Kirain gratis aja gitu ya

    BalasHapus
  6. mak link lombanya kok not found kalau diklik?

    BalasHapus
  7. Iya Vhoy penting banget, sebagai penyambung nyawa

    BalasHapus
  8. Iya Vhoy penting banget, sebagai penyambung nyawa

    BalasHapus
  9. Terkadang aku suka pengen gitu donor darah juga, tapi aku sendiri sering terkena darah rendah. Kirain aku pas donor langsung aja darahnya bisa dipake hehe. Semoga sukses lombanya mba :)

    BalasHapus