Google+ Followers

Kamis, 21 Mei 2015

Tempe Bosok


Kemarin sore, sepulang mengajar, saya singgah ke rumah sahabat saya, Putri. Saat saya tiba, dia sedang menyuapi anaknya, Vino. Menunya nasi plus sayur bobor.

Tahu sayur bobor kan ya? Bahan utamanya bayam, sayuran kegemaran Popeye. Bisa ditambah kacang panjang, jagung muda (orang Jawa menyebutnya janten), atau gambas alias oyong. Atau bisa juga ditambah labu dan kecambah bila suka. Bumbunya simpel: bawang merah, bawang putih, gula, garam, sedikit kencur, laos, santan, dan ... tempe bosok. Ini sayur bobor versi rumah saya.

Sambil menyuapi Vino, kami ngobrol ngalor ngidul soal sayur bobor ini. Putri bilang, kemarin rewang-­nya juga masak sayur bobor, tapi Vino nggak mau makan. Dikasih satu suapan terus dilepeh dan nggak mau lanjut makan. Usut punya usut, ternyata masaknya pakai santan instan dan kurang kental. Selain itu, bobornya pakai kemiri, bukan tempe bosok.

Vino yang belum genap 4 tahun ini rupanya sudah bisa membedakan mana makanan enak versi dia, mana yang kurang enak. Mana yang pakai tempe bosok, mana yang pakai bumbu lain. Buktinya, hari ini, dia makan lahap sekali. Bahkan minta nambah sayur.

Lanjut ngobrol soal tempe bosok tadi. Ternyata, baik Ibu saya maupun Ibunya Putri, suka dengan tempe bosok. Bisa dibilang, setiap masak lodeh dan yang bersantan, tempe bosok tidak ketinggalan.

Tempe bosok, selain sebagai bumbu pelengkap sayur, kadang juga dibikin sambal. Caranya bikin sambal bawang seperti biasa, lalu ditambahkan tempe bosok yang sudah dibakar. Rasanya? Mantap surantap pemirsa XD.

Tempe bosok

Mungkin ada yang penasaran, apa itu tempe bosok. Dari namanya sudah ketahuan ya. Tempe bosok itu tempe yang sudah busuk, berwarna coklat agak kehitaman, dan baunya sedikit menyengat. Secara penampilan, tempe ini sudah tidak menarik. Tapi, bagi kami orang Jawa  kampung, tanpa tempe kadaluarsa ini, masakan jadi sedikit hambar. Kurang nendang.

Tapi, kita juga harus teliti dan hati-hati dalam memilih tempe bosok yang mau dipakai untuk masak. Karena kadang, saking busuknya, suka muncul hewan hidup di tempe itu. Jadi, memilihnya harus cermat supaya dapat tempe bosok yang ’bagus’ dan bebas dari makhluk lain.

Kalau dicermati, ada falsafah hidup dibalik tempe bosok. Tempe bosok itu ibarat ujian dan cobaan dalam hidup manusia. Bentuknya jelek, tidak menyenangkan, bahkan baunya menyengat. Tapi, tanpa itu, masakan jadi kurang sedap.

Demikian halnya ujian dan masalah yang menerpa kita. Bisa dikatakan, semua ujian tidak menyenangkan, bahkan menguras energi dan air mata. Tapi, tanpa itu semua, hidup kita jadi datar-datar saja; tidak ada warna. Jadi, bila hari ini kita masih diberi ujian, berarti hidup kita punya warna. Dan itulah salah satu cara Allah menyayangi kita. Tugas kita membuat ‘tempe bosok’ dalam hidup kita itu menjadi kekuatan untuk bisa lebih bersyukur serta membuat hidup kita semakin ‘kaya rasa’.

Semoga kita bisa belajar dari tempe bosok ^_^.

post signature

74 komentar:

  1. Hassek banget analoginya..^^

    Baru tau kalau bisa dibuat sambal, nanti mau coba ahh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka masakan pake bumbu tempe bosok jg ya Mak?

      Mangga dicoba bikin sambelnya Mak Irly ^_^

      Hapus
  2. Manggut manggut..... falsafah ini aku bikin dalam versi cerita lain yaaa... kebetulan sedang ada kasus sama ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mak Tanti silakan, kalo bisa jd inspirasi tulisannya Mak Tanti.*jaditersandungakyuu :D* Pasti lebih bagus nanti ceritanya dr tulisanku ^_^

      Hapus
  3. Nggak cuma enak buat masakan tapi buat penambah nafsu makan anak juga, lho..
    by the way...falsafah tempe bosok, ngena banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gt ya Mak Ika. Pantes si Vino tambah lahap makannya. Tapi bkn cm anak aja ya, sy aja jadi lahap banget hahahahaa

      Hapus
  4. Terpana liat tempenya 😁 belum pernah coba. Baru tau yg kaya gini bs dimakan tho mbak 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terpana ato kaget Mak? :D. Ini yg versi busuk banget Mak Arifah. Ada lg yg penampakannya 'lebih bagus', masih agak putih gt, alias belum busuk bgt.

      Sebenarnya lebih tepatnya untuk bumbu pelengkap ya Mak. Karena diulek sama bumbu alusnya. Tapi ada jg yg cm dipotong kecil tanpa diulek, trus dimasukkan ke sayuran. Jadi ini semacam penyedap alami, selain gula garam gt. Monggo dicoba ^_^

      Hapus
  5. Waah jadi tempe bosok bisa buat masakan ya? Misal kita beli tempe, terus kelamaan ga dimasak atau beli tempenya yang udah kematengan, terus keburu lengket dan bau, maish bisa dimasak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mak, sebagai bumbu tambahan alias pelengkap, biar makin syedeeepp :D. Yg penting masih bagus, ga dihuni 'makhluk imyut' xixixii

      Hapus
  6. Dibikin sambel tumpang kalo ibu saya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambel tumpang itu yg gimana ya Mak Naya? Belum pernah tau en nyoba hihihi

      Hapus
    2. http://www.resepnasional.com/resep-cara-membuat-sambal-tumpang-enak/

      silahkeun dicoba resep dari mbah gugel hehe... dijamin nyam nyammm

      Hapus
    3. Waahh sipp Mak Naya, kapan2 coba bikin aahh. Makasih untuk resepnya ya Mak Naya ^_^

      Hapus
  7. waah sampai ada falsafah hidup segala di balik tempe bosok mbak,hehehe sayangnya saya kurang suka tempe bosok ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sekedar belajar dr lingkungan Mak ^_^

      Hapus
  8. Mbak, aku nggak doyan sama tempe bosok. Tapi ibuk dan suami sukaaaa banget, ngiwuuut banget kalau ada olahan pake tempe bosok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha emang hueeannkk lho Mbak Ika hehehehe

      Hapus
  9. Kalo aku bikin jangan bobor dari kangkung aja, tapi tetep pakai tempe bosok, tak sedap emang kalo tanpa si bosok ya, hihihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy belum pernah makan bobor yg pake kangkung Bunda. Mungkin bisa coba lain waktu yaa.
      Betul3 Bunda, tanpa tempe bosok, bobor terasa hampa hihihihi

      Hapus
  10. suka dibuat lodeh aja nih tempe bosoknya, kalau sambal belum pernah, paling ya sambel penyet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak Sari. Lodeh pake tempe bosok itu yummyyy :D

      Hapus
  11. Di pasar aku suka denger ada pembeli yang emang nyari tempe bosok. AKu suka kalo dibuat sambel mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mak Rahmi, meski bosok tetep jadi primadona hehehehe

      Hapus
  12. Hahahaha... aku ga yakin nih sayur bobor yg dibikin mba ART ku dari tempe bosok ato ga ya... ada tempenya sih, tapi g prnh nanya itu tempe apaan mba ;p..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, lain kali bisa tuh ditanyain Mbak Fanny, si Mbaknya bikin bobor pake tempe bosok ato ga :D

      Hapus
  13. Aku suka tempe, tapi belum pernah coba tempe bosok (malah baru dengar). Jadi mau coba juga, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mak Indi, besok kalo masak penyedapnya dtambah tempe bosok, pasti yahuuudd :D

      Hapus
  14. Bobor pke tmpe bosok mb? Biasanya ktumbar ma kencur...... Oke2.....bsk saya coba. Kayaknya knp orang dulu lbh sehat...krn bumbu2 mskn mereka alami semua ya mb. Blm ada bumbu instant kyk skrng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dirumahku pake ketumbar berarti sayur gurih Bunda Raka, kan tumbar rasanya gurih ya. Kalo bobor tanpa tumbar, jadinya rasanya seger aja gt.

      Betul Bunda Raka, duku kan ga ada penyakit degeneratif ya, karena semua bahannya disediakan alam dan lingkungan ^_^, Yuukk aahh niru pola hidup simbah2 kita biar awet sehat dan awet hidup hehe

      Hapus
  15. itu beneran bisa dimasak ya mba?rasanya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak, tepatnya jadi bumbunya, diulek bisa, dipotong kecil bs. Rasanya? Hayuuk bsk dicoba sendiri biar ga penasirin eh penasaran hehehe

      Hapus
  16. wahh baru tahu aku kalau enak jadi sambel dan sayur mba..penasaran///

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga penasaran monggo dicoba Mbak :D

      Hapus
  17. Kalau disambel bawang gitu, aku sering. Atau dicampur tumis kangkung. Tapi kalo buat campuran bobor, baru tauuu. Mau ah coba, kayaknya sedep :D

    BalasHapus
  18. setuju sekali sama falsafahnya haha...walaupun bentuknya jelek tapi tapi tanpa itu masakan kurang sedap haha...mamaku selalu masak oseng2 pake tempe bosok, katanya biar enak...tapi beneran enak haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipppp. Pasti nambah terus maemnya :D. Bosok2 gt tapi juara ya Mbak hehehe

      Hapus
    2. hooh mba haha...sedeplah...

      Hapus
  19. Di Jawa Tengah ini memang 'a living legend' ya, busuk-busuk tetap manfaat dan menyenangkan orang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jawa Timur jg. Betul, busk2 tapi tetep dicari hihihi
      Makasih ya sdh mampir ^_^

      Hapus
  20. Errrrr... Sayangnya aku ngga sukaaaa.. Ibu bapakku itu yg suka banget..

    BalasHapus
  21. heummm..ke rumah putri g ngajak2,kan ngiler aku kak >_<
    kalo di kediri dibuat sambel tumpang,nah kalo di daerah rumah mertua dibuat camuran sayur lodeh,jadinya blendrang,tambah sippp...lauknya tempe tepung khas ponorogo,maknyus tenannnnnnnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaha!
      Penasaran je sama sambel tumpang.
      Yuhuuu, di sini jg, kalo makan blendrang wes segone mesti entek heheheh

      Hapus
  22. Suami paling suka kalo tempe busuk dimasukkan dalam tumis kacang panjang. Makannya sama nasi panas dan sambal terasi. Mantap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh, mesti suami tambah sayang nih dimasakin menu favorit hihihi

      Hapus
  23. Ih keren, saya baru tahu kalo tempe bosok itu membawa kenikmatan dlm masakan, hahaha. Maklum, anak kos nggak bisa masak *malah curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheheehe! I know what you feel brada. Secara aku mantan anak kos yg dpn kos udah ada warung muriah meriah mengenyangkan. Pernah masak di kos, tp seringnya beli hahaha

      Hapus
  24. Nggak sekalian ditulis Mbak apa resepnya tempe bosok itu? Bagus banget falsafah tempe bosok itu, jangan lihat tampilan yang kurang sedap dipandang ttp citarasanya justru sedap di lidah...gitu ya Mbak kira2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempe bosoknya itu jadi bumbunya Mak Rita. Jadi, kalo masak lodeh ato yg bersantan bumbunya ditambahi tempe bosok. Ada jg dr Mak2 lainnya tempe bosok buat numis.
      Makasih Mak Rita ^_^

      Hapus
  25. Nggak sekalian ditulis Mbak apa resepnya tempe bosok itu? Bagus banget falsafah tempe bosok itu, jangan lihat tampilan yang kurang sedap dipandang ttp citarasanya justru sedap di lidah...gitu ya Mbak kira2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tempat sy tidak ada resep khusus tempe bosok Mak. Karena tempenya untuk bumbu pelengkap. Jadi ikut diulek sama bumbu lain, atao kalo ga dipotong kecil dimasukkan ke masakan.

      Hapus
  26. Saya lebih senang disambel atau untuk lodeh pedes, bisa juga tumis kangkung, kalo dicampur bobor bayem malah belum tahu rasanya. Falsafah tempe bosoknya muantep tenan Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo besok dicoba bobornya pake tempe bosok ya Mbak ^_^

      Hapus
  27. Falsafahnya keren mak Vhoy.... :D

    Saya, terus terang, belum pernah coba tempe bosok ini. Tapi kalau dari daerah saya, ada juga yang mirip2 begini mak. Ada cincalok (udang kecil2 yg difermentasi), tempoyak (durian yg difermentasi), dan pekasam (ikan yg difermentasi). Kalau orang luar daerah suka komen "ih, emang nggak jijik ya makan makanan busuk?" Duh, saya nggak suka yg begitu. itu kan makanan daerah orang, ya mbak.. asal halal ya jangan dikomentari macam-macam. emangnya yoghurt bukan susu basi, cuman diperkenalkan oleh orang bule jadi pede semua makannya... :D

    nice share, mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau nama cincalok sama pekayam Mak Yanet. Apa cincalok itu semacam trasi gt ya? Lain waktu Mak Yanet cerita soal ini ya hehehe!

      Kalo tempoyak udah pernah tau. Dulu teman sekolah yg asalnya dr Bengkulu pernah bawa ke asrama.

      Betul Mak, beda tempat beda makanan, teramsuk yg busuk ato fermentasi itu. Alhamdulillah, kalo banyak baca jadinya banyak tau, jadi ga asal komen ya. Mudah2an ya kita jadi lebih bijak untuk hal yg baru kita tau.

      Thanks Mak Yanet ^_^

      Hapus
    2. Yg cincalok udah pernah saya tulis mbak, tapi kalo pekasam belum pernah. Cincalok bukan terasi, tapi sama2 enak sih. hehe. Terasi (atau belacan) itu untuk penyedap rasa, kalau cincalok itu lauk yg enak, lebih enak kalau hanya dengan nasi hangat.. *duh jadi ngiler saya ngomonginnya, hihihi*

      Ya, sebenarnya makanan2 daerah itu bisa bagi2 tempat. Tempoyak yg mbak ceritakan misalnya, tempat lain yg banyak durian juga kemungkinan mengolah kelebihan durian jadi tempoyak. Ada juga yg bikin jadi lempok durian (dodol dari durian). Teman saya dari sumatera juga kenal dengan lempok. Sama seperti amplang (kerupuk olahan dari ikan), ikan asin, atau terasi untuk daerah pesisir.

      Nah, setahu saya, kalau cincalok juga dikonsumsi oleh negeri jiran, bahkan ada yg bilang udah diklaim sama negara tetangga kita itu, wallahu'alam. Soalnya negara kita terlalu besar kali ya. Kadang saya ngomong melayu aja dikira orang malaysia sama sodara setanah air. hehe. Padahal melayu tak hanya malaysia, walau serumpun.. :D

      Oke, nanti saya posting tentang itu, mbak. Tunggu udah pulang biar enak nyari fotonya, hihihi (mulai deh ngeles). Udah lama sih pengen posting tapi belum jadi2. makasih udah ngingatin yaa... ^^ *cipika cipiki*

      Hapus
  28. tempe bosok ini resep rahasia embah saya yang kalau nyayur selalu enak...

    BalasHapus
  29. saya kurang sukasama tempe bosok, baunya itu loh bikin nafsu makan hilang -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo blm dimasak alias jd bumbu memang baunya menusuk Mbak. Tapi kalo udah diulek, dimasak, hasil masakannya nyuuuzzz :D

      Hapus
  30. tempe bosok atau bongkrek kalau bahasa di kampung halaman saya di tegal :D selalu dibuat apaapa kaya gorengan atau campuran sambel.. emang warnanya item gitu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau sebutannya di daerah lain Mbak. Makasih udh berbagi info yaa ^_^

      Hapus
  31. mbak, ini serius tempenya bisa dimakan? nggak bau dan asem? aku tempe item dikit udah langsung dibuang.. soalnya nggak enak kan rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kok Mak Lia. Ini jadi bumbu penyedap masakannya. Diulek sama bumbu. Ada jg yg nyambel pake ini. Kapan2 dicoba yaa :D

      Hapus
  32. kalo didaeahku sayur bobor itu disebut barobbo, hampir sama ya namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mirip Mak Nur. Indonesia memang kaya ya. Satu makanan aja punya banyak nama. EH, di sana pake tempe bosok jg ga, Mak Nur? :D

      Hapus
  33. Mbak vhoy blm tahu sambel tumpang? Kalau daerahku namanya sambel lethok, dari tempe bosok juga. (Kayake mbak e dari jatim jg, jd mgkin tau sambel lethok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, belum tahu Mbak. Beum pernah liat wujud aslinya juga hihihi! Iya, aku dr Ponorogo Mbak, sambel lethok jg belum tahu hihi. Di sini ga ada :D

      Hapus
  34. Ooo ponorogo, aku ngawi mbak. Ga nyampe situ ya berarti budaya sambel lethok. Hehe . Kalau di solo jadi menu sarapan di pasar2 tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Hayuuk mampir kalo dolan ke Ponorogo.

      Aq taunya Solo sego liwet xixixixi

      Hapus
  35. sayur bobor dan luenca enak banget pake tempe bosok ini...

    BalasHapus