Selasa, 15 November 2016

Steak Tahu dan Steak Jamur di Angkringan Steak & Chicken


Assalamu’alaikum, Sahabat dunia maya.
Apa kabar?
Semoga semua sehat ya ^_^.

Setelah sekian bulan didera rasa malas buka laptop, hari ini saya mencoba memaksakan diri nulis lagi. Ternyata memang harus ada paksaan dari diri sendiri ya supaya mood menulis balik lagi :D.

Sebagai pemanasan, saya mau cerita yang ringan-ringan saja. Kali ini soal menu makanan yang baru saja saya nikmati.

Ceritanya, beberapa waktu yang lalu, salah satu teman saya posting gambar makanan di akun FB-nya. Di caption-nya tertulis ‘steak tahu’. Wiih, menarik ini, pikir saya. Tahu dibikin steak? Gimana rasanya ya? Karena penasaran, saya tanya di mana lokasinya.

Ternyata alamatnya gampang dicari.

Singkat cerita, malam Minggu kemarin, berdua sahabat saya, akhirnya kami mencari kedai yang jualan steak unik tersebut.

Angkringan Steak & Chicken nama kedainya. Ada di Jalan Diponegoro, sebelah selatan perempatan Tambakbayan Ponorogo. Kalau dari arah selatan, ada di kiri jalan. Di sebelah toko alat tulis Sumber Makmur, seberang jalan Rumah Sakit Muhammadiyah (dulu RS Aisiyah barat).

Tempatnya bersih dan rapi. Selain meja dan kursi untuk tempat makan, juga disediakan lesehan buat pengunjung yang ingin lebih santai. Pelayannya pun ramah-ramah.

Meski memakai nama angkringan, konsep yang diusung justru jauh berbeda. Interiornya khas kedai penyedia makanan cepat saji merk lokal. Jadi kalau kesini, jangan sampai pesen menu wedang jahe atau sate usus ya, karena mereka nggak menjual menu angkringan hehehe!

Setelah memesan menu, kami duduk di lesehan.

Kami pesan steak tahu, steak jamur krispi, dan kentang goreng.  Tak lupa teh botol dan lemon tea hangat untuk minuman.

Setelah menunggu beberapa saat, menu pesanan kami datang. Dan inilah penampakannya. 

Steak Tahu
Steak Tahu

Ini steak tahu pesanan saya. Tahunya digoreng tepung krispi, diberi saus, lengkap dengan sayuran dan potongan kentang goreng layaknya menu steak lainnya.

Dari segi rasa, menurut saya, tahunya biasa saja. Maksudnya ya seperti tahu pada umumnya (yaiyalah... emang maunya gimana rasanya? :P). Maksud saya gini, dari penampakannya, sebelum digoreng, tahunya tidak diberi bumbu apa-apa. Cuma dihancurkan, kemudian dibentuk seperti daging fillet dan dibaluri tepung krispi. Lalu digoreng. That’s it. Jadi, kalau makan tanpa saus steak-nya, ya seperti tahu biasa aja.

Barangkali, kalau tahunya diproses dulu sebelum digoreng, bakal lebih nendang rasanya. Misalnya, dicampur telur, diberi bumbu, kemudian dibentuk menyerupai daging steak dan dikukus baru digoreng tepung.

Tapi untungnya, rasa tahu-nya tadi tertolong sama sausnya. Lumayan enak. Menjawab rasa penasaran saya lah soal steak tahu hehehe!

Yang pasti tidak perlu khawatir sama tahunya, karena tahu yang dipakai masih baru dan fresh. Darimana saya tahu? Jadi, saat saya colek pakai sendok, tahu-nya langsung hancur. Kalau tahu masih baru biasanya seperti itu, gampang hancur saat dipegang. Beda dengan tahu yang telah disimpan agak lama. Biasanya tahu seperti ini jadi lebih padat.

Ditambah lagi, hasil gorengannya tidak terlalu garing. Hanya garing di bagian luar saja. Sementara dalamnya masih setengah matang.

Bagaimana dengan steak jamurnya?

 Steak Jamur
Steak Jamur
Menurut saya, steak jamurnya enak. Krenyes-krenyes tepung krispinya. Jamur yang dipakai jamur tiram. Rasanya mirip daging ayam. Kenyil-kenyil kata orang Jawa. 
kentang goreng
Kentang goreng
Untuk kentang gorengnya biasa aja. Nothing special.

Selain menu tadi, masih ada beberapa menu lainnya. Ada chicken steak, nasi goreng, mie goreng dll. Sepertinya sih mie goreng dan nasi gorengnya enak. Soalnya ada satu keluarga di meja sebelah saya pesan dua menu itu. Buktinya mereka lahap semua makannya hehehe! *kesimpulan yang sotoy :D.

Untuk lemon tea yang saya pesan, lumayan enak. Seger. Manis tehnya juga pas. Kalau teh botol tahu sendiri kan ya rasanya hehehe!
lemon tea & teh botol

Anyway, untuk para vegan yang menghindari protein hewani, duo steak yang kami pesan tadi bisa jadi alternatif buat memanjakan lidah.

Sayangnya, saya nggak sempat foto-foto interiornya. Keasyikan makan plus ngobrol sih :D.

Jangan khawatir soal harga. Dijamin nggak bikin kantong bolong. Untuk steak tahu cuma 6K,  steak jamur 7K, dan kentang goreng 4K. Sedang lemon tea dan teh botol masing-masing 4K. Murah bukan?

Ada yang mau coba steak tahu ini? Bolehlah saya diajak ^_^.
--------------------------------------------
Angkringan Steak & Chicken
Jalan Diponegoro No. 73A Ponorogo 
(selatan perempatan Tambakbayan) 


post signature

26 komentar:

  1. Mbaaak.. ke mana ajaaa... ternyata nyeteak yaa..

    hihi...

    murmer mbak. steak jamur di sini lebih dr itu. 12 kl ga salah. di dekat tempat saya ada dua warung steak. tapi belum ada yang jual steak tahu.

    lihat steak jamurnya jadi pingin. apalagi kentang gorengnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allo Mbak DIah, yuuk sini2 tak traktir steak jamur hehehe

      Hapus
  2. Hai Mba Vhoyyy, lama banget baru muncul, kemana aja?

    btw itu harganya murah-murag banget sih, jadi pengen nyicipin juga :)

    BalasHapus
  3. Mba long time no see hahaha eciee dirindukan banyak orang moga saya dirindukan pula *siram aer*
    sekalinya muncul postingannya bikin ngiler hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, jadi malu saiah. Iya kangen semua temen2 bloher yg makin kece Mbaakk, termasuk Mbak Herva :*

      Hapus
  4. Iiih...jd penasaran pengen icip-icip. Tp jauuuh Mak kl musti ke Ponorogo xixiixiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sekalian jalan-jalan ke kota reyog Maakk :D

      Hapus
  5. Halo mbak Vhoiiiii lama banget gak update....
    Aku juga ngeblog paling satu/dua postingan doang per bulan mbk hihihi...blm kuat klo seminggu 2-4 post

    Kirain tahu steaknya berbumbu (ada telur, sedikit daging rempah dll) tapi lupa ini kan mungkin dibuat tuk kalangan vegan.
    Unik juga ya...klo steak jamur mah di sini ada...steak tempe juga...klo steak tahu blm pernah icip ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii Mbak Arintaa :))
      Lama tak sua di dunia maya hehehe
      Iya nih, py ya ningkatin mood nulis hihihi

      Hapus
  6. Murmer ya vhoy.. Eh,aku kok blm nemu warung steak tahu n jamur ya di sini... Peluang bisnis tu ya sbnrnya..☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Sulis, hayuk buka warung steak tahu :D

      Hapus
  7. Mbakkkkk kemana ajaaa???? >_<
    Nek nang PO,traktir q yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngumpet di hatimu CikGu :P

      Siyaaapp kapan mudik?

      Hapus
  8. Hai mb vhoy, lm nda kliatan hihi
    Ini menu khusus buat vegetarian berartih mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hallo Mbak Nitaaa
      iya ngilang bentar hihihi

      Hapus
  9. Duhh.. yang lama ngilang udah balik aja bawa makanan enak. DAN GAK ADA DI KENDARI oke.. ngetiknya gak bisa santai soalnya saya ngiler.. hahahha..

    How are you MakSist? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. I'm fine, MakSist hehehe
      Yuuk cuss kesini, tak traktir sepuasnya hahahaa

      Hapus
  10. Udah lama ga ngeliat mak Vhoy seliweran di timeline...sama share blog. Akhirnyaa....ayoo mbaa semangat lagi


    Btw saya pernah bikin steak tahu, tapi sayangnya ga bisa bikin sausnya hehe. Alhasil jadi kaya tahu gede aja gitu :D

    Tapi jadi pengen ngerasain steak jamurnya deh. Penasaran gimanaa gitu rasanya dicampur sama saus steak.

    BalasHapus
  11. Cocok but vegetarian ya menunya mbak :D
    TFS :D

    BalasHapus
  12. Mbaak..itu sosro saya dah lama banget nggak icip..duuh terasa banget ditenggorokan rasanya yang segar itu.. :D disini ndak ada..ada tapi hrs order ke Jerman

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduuhh maap Mbak ga maksud bikin ngiler sama tehnya hihihi

      Hapus
  13. Saya dan anak anak suka banget jamur krispi. Atau ditumis denga cabe rawit yang banyak.Hmmm...

    BalasHapus
  14. Wah, benarkah friendly untuk vegan? Egg free juga? Asyik banget, soalnya biasanya steak tahu malah vegetarian soalnya di adonannya ada telurnya... Jadi pengen nyicip, nih :D

    BalasHapus