Rabu, 30 Maret 2016

Alasan Tetap Memakai Kaos Dalam


Saya rasa, hampir semua anak di Indonesia dibiasakan satu hal yang sama: memakai kaos dalam. Atau singlet. Dari bayi hingga dewasa kebiasaan ini tetap lestari. Bahannya yang nyaman dan menyerap keringat bikin kaos dalam tetap digemari.

Tidak hanya bentuknya, warnanya pun dari masa ke masa sama: putih bersih. Memang, sekarang ada kaos dalam –terutama buat bayi dan anak-anak- yang warna-warni. Tapi tetap saja, kaos dalam warna putih jadi pilihan utama.

Seiring beranjak dewasa, pria dan wanita sepertinya memiliki kecenderungan berbeda soal kaos dalam. Kaum pria, misalnya. Memakai kaos dalam bisa dibilang wajib. Bukan hanya saat pakai kemeja atau jenis pakaian lainnya.

Kaos dalam dan celana pendek bisa dibilang baju kebesaran kaum pria di rumah. Terutama saat cuaca panas. Praktis dan nyaman.

Bila ada pria yang nggak pakai kaos dalam di balik bajunya, seperti terkesan aneh. Bahkan ada yang berpendapat dia jorok.

Beda pria, beda pula kaum hawa. Hasil pengamatan saya –ehem-, sebagian besar perempuan mulai menanggalkan kaos dalam ketika mulai dewasa. Terutama setelah lulus sekolah. Tapi tak sedikit juga yang masih setia memakainya.

Nah, saya masuk yang mana? Yang kedua: setia dengan kaos dalam hingga sekarang :D. Bukan cuma saya. Beberapa teman saya pun masih bertahan dengan kebiasaan yang satu ini. Kakak ipar saya, yang tahun ini anaknya masuk SMP, juga tetap konsisten –diih konsisten :D- dengan kaos tanpa lengan ini. 

Tentu masing-masing pilihan –pakai atau tidak pakai kaos dalam- ada hal yang melatar belakanginya. Bagi yang nggak pakai, mungkin lebih kepada kepraktisan saja. Selain itu, bagi para ibu menyusui, bisa jadi agak ribet kalau harus pakai dalaman saat menyusui.

Saya pribadi sebenarnya memakai kaos dalam saat aktifitas di luar rumah saja, terutama saat kerja. Agak kurang nyaman rasanya ketika keluar rumah tanpa lapisan dalam. Ketika di rumah, ya pakai baju santai tanpa dilapisi singlet. 

foto postingan

Tapi setidaknya ada lima alasan kenapa saya bertahan memakai kaos dalam:

1.    Sudah biasa
Kebiasaan apapun yang telah berlangsung sejak lama tentu tidak mudah untuk dihilangkan. Termasuk kebiasaan pakai kaos dalam ini. Jadi, meski bukan anak sekolah lagi, saya tetap memakainya.

2.    Nyaman
Selain sudah jadi kebiasaan, memakai kaos dalam di balik baju –terutama ketika aktifitas di luar rumah, bikin saya lebih nyaman. Kalau sudah nyaman, saya jadi lebih pede, hehehe. Kalau tanpa daleman dan baju luar langsung menempel ke badan, rasanya gimana gitu. Agak-agak semriwing juga, hihihi!

3.    Menghindari dalaman ‘tercetak’ di baju luar
Salah satu hal yang saya hindari ya ini. Meski baju saya  nggak plek di badan alias longgar, rasanya agak nggak nyaman melihat underwear bagian atas tercetak –meski secara samar- di bagian punggung. Maka untuk menghindarinya, saya pakai kaos dalam.

4.    Mencegah keringat menempel langsung ke baju
Yups. Dengan memakai kaos dalam, ada pembatas antara badan dengan baju luar. Dengan begitu, keringat nggak bakal menempel langsung ke baju. Jadinya, baju luar aman dari bau keringat. Apalagi kaos dalam memang didesain dengan bahan yang bisa menyerap keringat.

5.    Mencegah bau keringat
Bau keringat memang masalah klasik. Sensitif buat diomongin. Yang nggak enak, kalau ada di antara rekan kerja atau teman yang punya masalah dengan yang satu ini. Mau dikasih tahu takut tersinggung. Tapi kalau nggak disampaikan bikin orang lain terganggu.

Sebenarnya, saya Alhamdulillah nggak punya masalah dengan bau keringat. Maksudnya, bau keringat saya nggak menyengat dan bikin polusi. Tapi dulu pernah ada rekan kerja yang bermasalah dengan hal itu. Dan ya itu tadi, nggak ada yang berani ngomong. Akhirnya, cuma jadi bahan kasak kusuk di kantor. Masalah tak terpecahkan.

Bercermin dari kejadian tadi, saya berusaha untuk tidak bikin polusi udara bagi orang lain. Salah satu caranya ya dengan tetap memakai kaos dalam. Karena baju luar nggak menempel langsung ke badan, maka keringat tertahan di kaos dalam yang menyerap keringat tadi. Alhasil, bau keringat kita insya Allah nggak main-main ke orang sebelah, hehehe!

Untuk baju dengan bahan yang nggak menyerap keringat, saya pakai kaos dalam khusus. Bukan khusus banget sebenarnya. Hanya kaos manset daleman lengan panjang yang sudah kadaluarsa. Maksudnya, yang bagian lengannya sudah melar dan nggak layak lagi buat daleman manset.

Karena bagian badan masih bagus, saya karyakan lagi. Caranya dengan memotong bagian lengan pada bagian siku. Jadilah manset lengan pendek. Dengan manset modifikasi ini, bagian ‘ketty’ yang sering jadi biang kerok terlindungi dari ‘sentuhan’ langsung dengan baju luar. Jadinya, keringat tetap aman. Polusi udara pun terhindarkan :D.


Itu tadi beberapa alasan saya tetap mempertahankan kaos dalam. Bagaimana dengan teman-teman? Ada yang tetap memakai kaos dalam juga?

post signature

128 komentar:

  1. Aku jaman kerja pake juga mbak...dah beranak pinak padahal. Alasannya krn terbiasa..dan malu klo mpe njiplak pakaian dalamnya. Tapi setelah dirumah...kok kebiasaan pke kaos dalamnya ilang.. Demi kepraktisan alasannya. Keburu anak nangis, dll. Sekarang malah keterusan singletnya pensiun. Paling nyaman kaos (bukan ketat) ma celana selutut klo dirumah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di rumah aku juga ga pake Mbak hehehe

      Hapus
    2. Mbak vhoy masih suka pake singlet kah sampe sekarang? Wkwk

      Hapus
  2. kalo aku udah good bye dari zaman kuliah dulu hehehe...

    BalasHapus
  3. Aku udah ga pernah pake kaos dalam setelah kuliah..hehe..

    BalasHapus
  4. Sejak punya anak aku udah ngga pakai lagi, ribet kalau nyusuin pakai kaos dalam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo aku nanti nikah dan punya anak, intensitas pake nya juga berkurang Mbak. Skrg sih berhubung masih free dan masih nyaman ya pake aja hehe

      Hapus
  5. Halo Mba Vhoy salam kenal, kalau saya dan suami adalah pasangan pengguna kaos dalam hahaha makanya nikah juga ada kecocokan dlm hal ini :p entah rasanya kalau ga pake kaos dalem ada yang kurang, pernah satu hari berhubung dulu klo nyuci ke laundry dan ga tentu seleseinya suami keabisan kaos dalem dan dia milih pke kaos dalem yang sama dihari selanjutnya ketibang ga pake wkwkwk untunglah saya uda terbiasa mencium aroma tak sedap :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, Mbak Herva. Salam kenal juga yaa ^_^

      waah, senengnya ketemu sesama pecinta kaos dalam hehehe! Toss dulu yuk Mbaakk :D

      Hapus
    2. Kalo aku mah lebih suka gak pakai baju ( cuma pakai kaos dalam ) :v

      Hapus
  6. Sejak punya anak ga pernah pakai, padahal sekarang sudah ga menyusui. Tapi kalau bajunya agak semriwing ya terpaksa pakai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku pake karena kalo ga pake rasanya angin masuk jd semriwing Mbak, bukan bahan bajunya yg semwiring hihihi

      Hapus
  7. Aku udah ga punya kaus dalam nih :D

    BalasHapus
  8. Saya sdh kapan tau gak pake kaos dalam hehe.... mungkin sejak kuliah kali ya. Sekarang kalo dicoba lg pke kaos dalam jadi gerah aja rasanya. Faktor kebiasaan ya....

    BalasHapus
  9. aku udah ga pake kaos dalam semenjak semenjak kuliah mbak...sma masih pake..soale msh malu sama cowok2

    BalasHapus
  10. huaaa... udah lama meninggalkan kaos dalam. sepertinya harus mulai dibiasakan lagi nih :D

    BalasHapus
  11. kalau aku tergantung pakaian yang akan kita gunakan, heheee efek sudah ribet kalau mau pergi. Jadi, kalau bajunya terlihat transparan dan tipis, saya pakai kaos dalam dan warnanya juga mengikuti warna baju ***ribet lagi kan? untuk anak-anak saya malah sekarang membiasakan ndak pakai kaos dalam *ini alasan praktis dan mengurangi jatah setrikanku, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, berarti koleksi kaos dalamnya warna warni nih Mak :D

      Hapus
  12. ga mbak, aku udh ga pake sejak mulai pakai miniset ;p... awalnya sih memang risih ga pake baju dlm.. aplagi aal2 pake miniset kan rada geli.. jd masih diakalin dgn baju dlm juga stlh miniset. lama2 stlh biasa, baru deh aku pikir udh ga prlu kaos dalam ;p.. ampe skr jdnya. malah ga bisa kalo skr pake baju dlm :D.. Masalah kebiasaan juga sih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, kalo udah kebiasaan susah ngilangin juga Mbak Fanny

      Hapus
  13. Memang masih nyaman untuk yan sigle tapi mungkin akan berkurang jika sudah Couple ☺
    ..f..

    BalasHapus
  14. Sekarang sy ndk pake kaos, waktu masih gadis iya, setelah jadi emak sdh malas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo sy nanti jadi emak dan punya anak jg berkurang pakenya Mbak hehe

      Hapus
  15. Aku dari kecil sampai sekarang pakai kaus dalam, bedanya semakin besar beralih ke model tank top. Alasannya kalau gak pakai kaus nanti masuk angin, belum lagi biang keringat. Tapi yang paling penting karena aku scoliosis dan menggunakan brace, kaus berguna untuk mencegah iritasi, supaya brace gak nempel langsung ke kulit ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru denger yg namanya scoliosis Mbak. Alergi apakah itu?

      Hapus
    2. Scoliosis itu kelainan tulang belakang :)

      Hapus
  16. wahaha...mbak Vhoy adaaa aja ide tulisannya. mancing komentar banget.

    kalo saya sama kaya mbak HM. dah lama bye-bye.

    nah kalo berasa semriwing saya pake jilbab gede mbak. hihihi...

    BalasHapus
  17. kalo ke kantor saya pakai Mbak Vhoy tapi kalo jalan-jalan atau di rumah ajah biasanya gak pakai :)

    BalasHapus
  18. Saya udah gak singletan sejak SMP, soalnya udah kenal miniset trus gerah Mak hehehe

    BalasHapus
  19. Saya udah gak singletan sejak SMP, soalnya udah kenal miniset trus gerah Mak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap harus pakai kaos singlet...nutup minisetnya...jg lebih keliatan cantik loh pakai singlet...

      Hapus
    2. Kalau ga biasa ya susah. Biasa ga pake singlet

      Hapus
  20. Kalo lagi ada acara keluar aku juga milih pake singlet mak. Lebih berasa aman aja soalnya, menghindari cetakan-cetakan ngga jelas. hehe

    BalasHapus
  21. Saya belum ketemu lagi kaos dalam yang kuat daya serapnya, adem, dan mudah dicuci. Dalam pejalanan jauh , Muslimah dg kerudung panjang sering bajunya basah di bagian dada. Dengan kaos bisa teratasi. Maka, saya tetap cinta :)

    BalasHapus
  22. Saya juga tetep pake mba, soalnya kalau ngga pake kaos dalan rasanya ngga nyaman.

    BalasHapus
  23. Saya belum pernah Gurah...kalau batuk biasanya banyak minum air hangat saja trus berjemur saat pagi biasanya akan cepat keluar dahak, he he he

    BalasHapus
  24. Sy udah gak pakai sejak kuliah mbak.Sekarang malah keterusan gak pakai karena gerah.Justru d rumah yg make singlet alx kalau baju kaos,rasanya panas aja

    BalasHapus
  25. Mbak vhoy saya suka artikel ini. Artikel ini awal saya termotivasi untuk pakai kaos dalam yang semula saya g mau. Pertama kali coba panas banget tapi lama kelamaan enak juga mana sekarang klo g pake mana Gatal" kulit kadang" bruntusan. Saya biasa pakai kaos dalam kalo pake baju tshirt dan kemeja. Tapi sekarang mau berkomitmen pake mau bajunya apapun bahannya tetap pakai singlet, dan warna putih.

    BalasHapus
  26. Iya, bener banget. Kalo bisa cari yang bahannya menyerap keringat.

    Dan kalo bisa cari kaos dalem yang lingkar ketiaknya pas diketek, soalnya kalo terlalu membleh atau kelonggaran sama aja basah keteknya kalo luaran pake kemeja.

    Selama ini aku pake kaos dalem yang pas diketek dan gak kelonggaran supaya keringat dari ketek bisa diserap sama si kaos dalem ini. Kalo kelonggaran lingkar ketiaknya kan sama aja bohong, kemeja jadi bau ketek juga.

    Ukurannya setidaknya pas atau jaraknya satu jari dari ketek. Tapi pastikan bahannya lembut supaya nyaman diketek. Ini berlaku juga buat tank top atau singlet.

    Aku pernah liat ada kemeja yang ketiaknya kuning, mungkin ini dari penggunaan kaos dalem yang lingkar ketiaknya kelonggaran, efeknya ketiak jadi lengket kalau kaos dalem gak pas ketek. Kalau kalian pake yang ukurannya pas diketek, insa allah noda kuning dari ketiak ketahan sama kaos dalem atau singlet yang kalian pake. Sekedar pengalaman aja sih hehehehehh..

    Salam pecinta singlet 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim hai nama aku Amanda umur 12 tahun, aku juga sama pake kaos dalem yang lingkar nya diketek , soalnya kan aku kalo pake seragam sekolah gampang banget keringatan, apa lagi sekarang kan belajar di rumah udah gitu kalo ada kerja kelompok ke rumah temen aku selalu pake baju dress lengan ketek terus dan dilapisi kaos dalam, alesan aku kalo pake baju lengan panjang gerah banget. tapi kalo pake dress lengan ketek dan dilapisi kaos dalem juga pas pulang kerja kelompok dibilang papa aku,aku bau asem katanya gegara keringetan :(

      Hapus
    2. Ya mending dibilang bau asem sih. Bau asem itu kan karena keringet, atau hasil serapan keringat kaos dalemmu yang lingkar keteknya pas diketek. Coba kalau kaos dalemnya membleh/kelonggaran lingkar keteknya atau gak pas ketek, yang ada dibilang bau ketek nantinya hehe..

      Oke Amanda, kaos dalemmu menyerap keringat kah bahannya? Jika iya, ya masih masih mending. Soalnya kan bau keringet itu natural kalo cuma asem doang sih wajar, setidaknya keringat dari ketek udah keserap sama kaos dalem tadi, jadi itungannya udah meminimalisir bau ketek saat berkeringat. Karena bau keteknya kan udah diserap kaos dalem, jadi yang bau ketek kaos dalemnya, kalo ga percaya coba aja cium pas selesai pake saat udah keringetan hehe..

      Oh iya, untuk kaos dalem atau tanktop or singlet yg lingkarnya pas ketek ini cuma bisa dipake sehari sekali kalo keringetan, kalo ga keringetan cuma dipake biasa paling sampe dua hari aja. Jadi sekali keringetan langsung ganti.

      Terima kasih atas komentarnya.. 😁😁

      Hapus
    3. Kalo aku sebenernya suka banget pake kaos dalem karena menyerap keringet dan kalo kulit nempel langsung ke baju rasanya aneh gimana gitu. Tapi mama aku bilang ga boleh pake kaos dalem soalnya katanya kayak anak kecil padahal aku masih umur 11 tahun :( dan sekarang mama sita kaos dalem aku. Tapi aku suka diem2 ngambil di lemari mama hihihi jadi masih suka pake kalo pas mama lagi pergi :)

      Hapus
    4. Saya suka banget arrikel ini, mungkin bisa jadi alasan supaya mama ngebolehin aku tetep pake kaos dalem 😄

      Hapus
    5. Hahaha.. orang yang udah nikah aja banyak yang pake kaos dalem. Ibu-ibu atau bapak-bapak semuanya pake, aneh aja sih kalo dibilang pake kaos dalem kayak anak kecil.

      Banyak kok yang pakai, meski kalo udah beranjak dewasa mulai pada beralih ke model tank top. Kalo aku sih lebih suka kaos dalem ketimbang tank top. Soalnya menurutku lebih bagusan kaos dalem yang daya serap keringatnya oke. Ketimbang tank top kan tali di bahunya kecil, jadi kurang nyerap keringat di bahu dan lagi pula lingkar keteknya agak panjang dan kurang menyerap keringat.

      Tapi kalo lingkar keteknya pas sih gapapa selama fungsi utamanya masih oke, menyerap keringat dari ketek.

      Bedanya kalo tank top itu memang agak awet, karena bahannya bahan baju, agak tebal dan talinya kecil (di bagian bahu).

      Kalo kaos dalem kan memang daya serap keringatnya bagus dan bahanhya lembut, jadi nyaman juga diketek. Ya.. meski kadang lebih sering suka sobek di bagian keteknya atau di bagian bahu. Tapi tetep paling nyaman kaos dalem sih kalo aku.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Anonim Aku Amanda mau bales pertanyaanmu

      Hapus
    2. Iya, silahkan.
      Share pengalamanmu tentang kaos dalem, singlet or tank top

      Hapus
  28. Iya bener juga pas aku udahan pake kaos dalemnya, dan aku cium kaos dalemnya bau asem. Tapi aku sebenernya pake kaos dalem suka 3 hari pakenya biar orang tua aku gk banyak cucian nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo keringet mah pasti asem hehe.

      Kamu cium pas bagian keteknya gak? Kalo gak bau berarti lingkar keteknya kelonggaran.

      Kalo aku mah sampe diketekin lingkar keteknya. Jadi pas gerak-gerak gak lengket keteknya hehe.

      Hapus
  29. Aku senang juga kaos dalemnya kebanyakan yg pas diketek, tapi yg gak enak nya klo aku pake dress lengan ketek dilapisi kaos dalem pas lagi main sama teman aku suka dibilang temenku;ehh amanda itu diketek apaan putih putih. terus aku bilang; ini tuh kaos dalem. udah gitu juga temenku ada satu lagi jail banget masa aku di peperin pake cat warna, jadinya dress lengan ketek aku penuh sama cat warna, dan aku pulang kerumah pas mau ganti baju, aku kaget ternyata kaos dalamnya juga kena.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. jail banget temenmu itu.

      Yaudah gapapa, pasti ada aja emang orang yang mengomentari kita.

      Biarin aja mereka mah, kamu cuek aja.

      Trus kaos delmnya jadi berwarna dong ya? Apa beli lagi yang baru lagi nih? Hehe

      Hapus
    2. kaos dalem aku warna putih, Anonim.

      Hapus
    3. Kaos dalamnya bergelombang ya dek?

      Hapus
    4. Aku kaos dalemnya yang biasa bukan yang bergelombang

      Hapus
    5. Tapi ngepas ke ketek kan?

      Hapus
  30. Kalo boleh tau Anonim suka dress lengan ketek juga gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalo pake baju singlet atau dress lengan ketek gitu sih biasanya ga pake kaos dalem, kecuali kalo lingkar keteknya kelonggaran baru dipakein kaos dalem biar bagian bawah ketekku gak terlalu terbuka.

      Kan malu kalo sampe bra nya keliatan karena singlet atau dress lengan keteknya kelonggaran di bagian ketek. Makanya dipakein kaos dalem biar nutupin area di bawah ketek jadi branya gak keliatan meski dressnya atau singletnya kelonggaran lingkar keteknya.

      Kalo aku sih ya,, selalu beli yang lingkar keteknya pas diketek. Pokoknya segala macam pakaian yang tanpa lengan aku usahain cari yang lingkar keteknya pas saaayy..

      Hapus
    2. iya Amanda juga sama kok kaos dalem semuanya yg pas diketek, kalo boleh tau namamu siapa anonim?

      Hapus
    3. Nah bagus kalo gitu. Aku malu sebut nama wkwk.. panggil aja anonim ya Amanda

      Hapus
  31. Hallo, gw bayu, gw suka pake kaos dalam karena nyaman, kalo boleh tau gw pake kaos dalam merk sunflower bergelombang dan umur gw 16 thn, gw masih suka banget sama bahannya sunflower lembut banget, di pakenya awet ga sobek², tpi agak malu juga sih kalo ketemu temen keliatan kaos dalamnya di pundaknya, krna bajunya kegedean jadi keliatan jdi agak malu keliatan kaos dalamnya, saya lebih suka yang bergelombang sih kaos dalamnya krna biar ga bosen ada rigi²nya gitu pokoknya biar ga bosen deh, kalo temen² gimana?? Ada yang pake kaos dalam bergelombang ga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak bayu aku Amanda, kalo aku mah kaos dalamnya gak suka yang bergelombang, jadi kalo beli yang biasa aja. Terus juga aku kalo ketemu temen temen gak malu kok kalo kaos dalamnya keliatan di pundak, soalnya temen temen aku gak cewe aja yang pake kaos dalem cowo juga banyak kok.

      Hapus
    2. Iya, dulu pas SD aku suka pake model renda gitu yg ada rigi riginya. Cuma ya ga enaknya gitu, pas bagian lingkar keteknya itu panjang banget (longgar) padahal dibadan udah pas, tapi diketeknya itu ngeblong banget, lengan jadi lengket kalo keringtan, jadi kalo pake kaos dalem itu kayak sama aja ga pake daleman, ketek tetep basyahh...

      Tapi ya.. kalo lingkar keteknya pendek dan rada ketat pasti bakal jadi favoritku selalu, karena aku suka bahannya kaos dalem model renda gitu, pasti lembut dan nyerap keringet banget, tapi sayang produsennya belum mikirin fitur pencegahan burket(bubur ketek). Harusnya di bagian lingkar keteknya dibuat pendek saja, karena bahannya kan bisa melar jadi bisa nyesuaikan ukuran bahu dan besar keteknya biar ga banjir kalo lingkar keteknya membleh(blong longgar) gitu.

      Hapus
    3. Wah kebalik. Malah ga suka pake singlet. Gerah

      Hapus
  32. Balasan
    1. Kamu pake singlet model apa?

      Hapus
    2. Kamu anonim cewek ya, sampe sekarang masih pakai singlet atau tanktop

      Hapus
    3. Aku pake singlet yang lingkar lengannya ngepas sama ketek

      Hapus
    4. Setiap hari dipake, soalnya kita ga tau kapan kita berkeringat kan. Kaos dalemmu ngepas sampe kena sama ketek ga

      Hapus
    5. Wajib sih pake singlet apa lagi pas lagi hari Senin upacara bendera pake seragam putih harus pake singlet, lapangan mana panas kan keringetan. Kaos dalem ku ga terlalu ngepas sama ketek... Btw kamu kelas berapa anonim

      Hapus
    6. Nah kan kalo upacara biasanya banjir keringet. Saran aku pake kaos dalem yang ngepas sampe kena ketek supaya seragam sekolahmu ga basah kena keringet bagian keteknya. Cari yg lingkar lengannya kecil biar ngepas sama ketek. Aku udah lulus sekolah wkwk

      Hapus
    7. Nah makasih banyak ya kak anonim ternyata udah lulus, terus sarannya makasih juga ya... Rupanya kk anonim pengalaman juga ya di dunia persingletan😂

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Iya, adeli.
      Aku juga sama kayak kamu, singlet ngepas keteknya juga suka aku pake saat tidur dan aktifitas kalo cuaca panas, karena kita ga tau kapan kita berkeringat. Bahkan saat gak lagi sekolah dulu pun aku selalu pake daleman singlet atau kaos dalem yg ngepas ketek, buat jaga jaga jadi lebih aman. 😁

      Hapus
    10. Hi Adeli.
      Aku sama juga kek kamu ngepas sama ketiak, btw kelas berapa kamu sekolah

      Hapus
    11. Hi aku ria, Salken ya Roland sama Adeli sama Anonim... aku masih pakai singlet yang model bergelombang, aku kelas 11 sma... tapi kadang kadang pake tanktop tapi aku lebih suka pake singlet aja sih karena lebih nyaman

      Hapus
    12. Hai Ria, singlet kamu merk apa dan di bagian lingkar lengannya ngepas ke ketek gak?

      Kalo pakai tank top biasanya kepanjangan bagian tali, nanti bagian keteknya terlalu turun jadi ga kena jepit di ketek.

      Hapus
    13. Wah cewek semakin besar kaos dalam nya beralih ke tank top ga sih ini masih ada ya yang prefer pertahanin singlet, emang ga malu kak atau apa gitu kan

      Hapus
    14. Ya ga malu sih, ngapain juga malu kan tujuannya untuk menutup bagian dalam kita... Hai anonim singlet aku gatau merk nya apa, kalau pake tanktop talinya emang agak panjang sih cuma ga terlalu panjang... singlet ku semuanya harus ngepas sama ketek soalnya kalo ga ngepas kek ga enak gitu sih kurang nyaman aja, kalo pas kan enak keringat juga di serap sama singlet di bagian keteknya, kadang aku keluar rumah di suruh mama beli ke warung aku cuma pakai singlet aja... soal singlet aku suka banget deh ga pernah ga pake

      Hapus
    15. Nah bagus berarti.. kalo tank top kamu merek apa Ria? Saran aku talinya diiket aja biar di bagian ketek ga terlalu kebawah. Kalo ga bisa diiket dijepit aja talinya sesuai besar bahu & ketek kamu, biar sampe ngepas ketek jadi sampe bisa dijepit gitu di lipatan ketiak. Beda kan singlet sama tank top? Lebih doyan ketek yg mana coba? Wkwk

      Hapus
    16. Btw bagi pap dong dia, pap singlet pengen liat:v, btw aku kalo pake singlet setiap seminggu sekali sih baru ganti soalnya biar ga banyak cucian

      Hapus
    17. Njir roland😂 masa iya sih nyuruh aku foto pakai singlet doang, pake singlet semiggu sekali cuci emm kamu hemat juga ya kek nya kamu tipe cowok yang rajin deh... jadi suka:v

      Hapus
    18. Btw kak anonim sekarang udah tamat ya, kak anonim cewek atau cowok sampai sekarang masih pakai dalaman ya?

      Hapus
    19. Hi Ria, aku udah lama tamat sekolah wkwk. Tanktop kamu mending dijepit talinya, dilipet pendekkin gitu biar ngepas ketek :D

      Oh iya, punyamu merek apa singlet sama tanktopnya?

      Hapus
    20. aku kelas 11 sma roland:)

      Hapus
    21. biar aku uda kelas 11 tapi aku masi suka pake singlet,merek singlet yang aku punya golden nick namanya, itu lingkar keteknya pas banget di ketek, aku kalo pake singlet g cuma untuk dalaman aja tapi untuk luaran dipake juga, btw Ria sama Roland singletnya merek apa?

      Hapus
    22. Setiap saat adeli pakai terus ya singletnya ya, ga cuma sekolah aja... Aku lebih suka yang ngepas di ketek kek lebih nyaman gitu sih... Apalagi baju putih kan nah dilapisi singlet lagi, oh iya adeli kamu perempuan ya.

      Hapus
    23. iya,soalny aku gampang keringetan

      Hapus
    24. Adeli ada ig ga btw, kapan lagi sekolah kamu Del tanggal 17 ya... Jangan lupa pakai singlet apa lagi baju hari Senin putih harus di pakai in dalaman karena bajunya putih

      Hapus
    25. hi adeli sm ka suka pakai singlet,aku andin kelas 11 sma. aku juga masi suka pakek singlet, aku pakek singlet ga cuma dipakek untuk dalaman seragam ajah,tapi untuk baju luaran juga aku pakek. aku singletnya juga sm ky kamu adeli merek golden nick:)

      Hapus
    26. Hi Andin aku Roland singlet kamu pas di ketiak gak

      Hapus
    27. Hai ria. Beda sama salah satu teman cewek ku dulu. Ga suka singlet pas sekolah

      Hapus
    28. Halo andin. Kalau menurut kmu cewek yg sekolah gk pake singlet gmn?

      Hapus
  33. Mencegah masuk angin ya Bun

    Sodara gw jg ga make lagi,tapi sering minum air hangat jadi ga masuk angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. boleh juga buat penangkal masuk angin.

      Tapi bagusnya sih tetep harus pake daleman kayak kaos dalem, tank top atau singlet.

      Jadi manfaatnya selain buat nyerap keringet badan dan ketek, dalemannya juga bisa bermanfaat kalo pas udara dingin. Jadi kalo pake singlet, tank top atau kaos dalem badan jadi ga kedinginan. Kalo cuaca panas berguna buat nyerap keringet pas keringetan.

      Pake aja padahal biar sejuk wkwkwk

      Hapus
    2. Baru tau kalau udah gak pake singlet dan supaya gak masuk angin banyakin minum air putih. Panas

      Hapus
  34. Aku udah kelas 3 SMA perempuan masih pakai singlet yang gelombang, tahan ga di cuci sampai seminggu biar bisa di pakai lagi... Soalnya pakai singlet pas bau bau entah kenapa enak aja haha... Bau keringat sendiri tapi enak

    BalasHapus
  35. Dulu juga suka gitu males cuci singlet tiap hari jadinya lama2 jadi males akhirnya jadi nganggur ga dipake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau bisa di pake lagi kenapa engga gitu kan, seminggu sekali di cuci sih... Ga mungkin bau sih orang nyium keringat karena singlet di cuci seminggu sekali karena letaknya di dalam

      Hapus
    2. Dulu waktu SD pake 1 singlet semingguan gitu. Trus karena udah agak malas cuci karena waktu itu dirumah lagi agak sibuk jadi singlet jadi lupa dicuci. Jadi ke sekolah udah ga pake singlet lagi jadi keterusan tiap hari

      Hapus
    3. Tapi kalau ga pakai itu ga enakan gitu gak sih, kurang atribut... Apa lagi hari Senin dan Selasa kan bajunya putih terus di lapisin dengan singlet dalamnya bisa menutupi apa lagi upacara bendera mana panas keringatan, untung ada singlet sebagai back up

      Hapus
    4. Nah sama sih upacara pasti panas. Pernah ditegur guru gegara ga pake singlet. Kalau upacara nya kelamaan suka gerah dan kalau lagi upacara tiba2 hujan juga pernah

      Hapus
    5. Iya banjir keringat pas upacara, di tegur nya gimana ga pakai singlet, kalau hujan sih jadi menerawang ya Singletnya keliatan karena baju putih tipis... Emmm nama kk btw siapa

      Hapus
    6. Ditegurnya gini " kamu kok ga pake singlet? Baju kamu nerawang " si Bu guru negurnya begitu.. mungkin Karna aku keringetan tapi ga sadar makanya jadinya nerawang.

      Oke mau kenalan ya? Boleh tapi di sosmed lain boleh? Kalau mau nanti tinggal bilang mau kenal lebih dalam nya dimana? Ig atau WA atau mau dimana?

      Hapus
    7. Emmm berarti pas di tegur lagi keadaan ga pakai Singlet, berarti polos aja ya... Wa juga boleh

      Hapus
    8. Lha iya bener ditegur pas lagi keadaan lagi ga pake singlet. Orang ga pake singletnya tiap hari

      Oke Wa juga boleh mau nomor siapa duluan?

      Hapus
    9. Berarti sama guru di sarankan kalau bisa pakai singlet ya, biar ga kena keringat bajunya... Tapi pakai singlet itu rekomendasi orang kebanyakan yang ngepas sama ketiak aja lingkar ketiak Singletnya

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    13. Oh iya maaf lupa bales. Guru memang waktu itu menyarankan pake singlet. Tapi gak ada kewajiban banget besoknya harus pake singlet...

      Waktu itu kalau saya jawab.. " saya gak punya singlet Bu " mati saya diseret ke ruang BK

      Hapus
  36. Selama sekolah sudah ga pake singlet lagi. Baik itu di lingkungan sekolah atau lingkungan rumah. Gerah kalau pakai daleman

    BalasHapus