Google+ Followers

Rabu, 16 Maret 2016

Sahabatku Guru Ngeblog-ku


Pertama kali baca GA yang diadakan Mar Irly, otak langsung bunyi cling: harus ikut. Temanya gue banget gitu. Tentang teman ngeblog. Jadi inget orang yang paling berjasa nyemplungin saya ke dunia blogging –ehem.

Umur blog saya masih tergolong balita. Baru setahun. Ya, awal 2015 lalu saya baru bikin blog. Bisa dibilang agak telat ya kenal dunia blog. Tapi saya percaya satu hal. Nggak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu yang baru dan memulai sesuatu yang baru pula. Never too old to learn. Bunda Yati aja semangat ngeblog. Saya yang lebih muda juga nggak mau ketinggalan donk hehehe!

Back to the topic. Pertama kali saya bikin blog itu setelah dikompori oleh sahabat saya kala di Aliyah dulu; HM Zwan. Kalau Emak Blogger pasti tahu nama ini. Saya biasa memanggilnya Haem.
 
HM Zwan
Blog-nya HM Zwan

Jaman Aliyah dulu, Haem adalah pemasok ransum gizi buat saya. Ketika jadi pengurus organisasi santri, dia bertugas di Bagian kantin. Bila ada  makanan kantin yang tersisa suka dibagi-bagi ke teman-teman. Salah satu yang menikmati makanan tersebut adalah saya. Meski sekarang berbeda pulau, Alhamdulillah kami masih bisa silaturahmi. Apalagi, suami Haem asli Ponorogo. Jadi, bila mudik ke kota reog kami masih bisa ketemu. 

Kini, ketika saya ngeblog, Haem kembali jadi penolong saya. Bedanya, bukan lagi  ransum makanan. Melainkan ransum ilmu blog hehehe!

Sebenarnya sudah sejak lama saya nanya soal bikin blog, sekitar pertengahan 2014. Saat itu saya lihat di timeline FB, Haem cukup aktif apdet blog. Tapi ya sekedar tanya. Mungkin dia sampai bosan. Ini orang cuma tanya tapi kok nggak ada aksinya hihihi! Setelah berkali-kali tanya, akhirnya eksekusi juga di bulan Januari tahun lalu.

Tapi, bukan berarti saya berhenti bertanya. Begitu blog jadi, Haem tetap saya todong dengan banyak pertanyan hahaha! Piss Haem :v. Dari hal yang remeh-temeh seperti gimana bikin ini, gimana bikin itu, sampai yang bikin pusing pala Barbie :D. Beruntung saya punya sahabat sebaik Haem. Nggak bosen-bosennya si Ibu baru ini meladeni pertanyaan saya soal blog.

Bisa dibilang, Haem ngajari saya bikin blog dari nol. Mulai dari bikin template, ngasih label untuk tiap tulisan, pasang beberapa widget penting, dll dsb. Sungguh, saya sangat gaptek soal printilan blog saat itu. Sampai sekarang pun masih hahaha! Tapi paling tidak, sudah ada peningkatan sedikit demi sedikit. Alhamdulillah.

Bukan hanya itu. Haem selalu berbagi info apa saja tentang blog ke saya. Ya lomba, ya giveaway, ya tips-tips lainnya. Semua-muanya. Termasuk kalau ada artikel yang berisi ilmu blogging.

Haem juga tak segan memberi tips fotografi buat blog sama saya. Soal fotografi, sahabat saya ini memang jago. Buktinya, banyak teman blogger yang nanya trik bikin foto cantik di blog. Dan memang, setiap foto yang dia upload selalu kece badai halilintar :D. Sayangnya sampai saat ini hasil foto saya masih jauh panggang dari api, ihicks. Saya harus belajar lebih keras lagi buat bikin foto sebagus punya Haem.

Satu lagi aksi nyata yang dilakukannya adalah dia bikin header buat blogger nyubie ini. Jadi, header unyu di blog saya ini adalah karya Haem. Baik banget kan dia?

Intinya, Haem bukan sekedar teman berbagi dalam ngeblog. Lebih dari itu, dia adalah guru alias mentor saya. Dia juga yang ngoyak-oyak dan menyemangati saya kalau lagi melempem atau lama nggak apdet blog. She the best, indeed.

So, lewat GA ini, sekali lagi saya ingin bilang terima kasih buat Cik Gu Haem buat racun positifnya *sungkem. Jujur, saya senang sekali nyemplung jadi blogger –meski masih abal-abal karena jarang apdet hihihi! Saya jadi tambah banyak ilmu, banyak teman juga.

Semoga blog Cik Gu makin berkah. Semoga pula ke depan makin bisa mengikuti keeksisanmu di dunia bloging –ihirr eh aamiin.  

 ********************************
Tulisan ini diikutkan dalam Irly & Diah's GA Collaboration: Teman Nge-Blog

Irly Diah's GA Collaboration
post signature 
 

44 komentar:

  1. wah udah nambah lagi aja ini.... (Y)

    BalasHapus
  2. friends forever till the end of time. nanti ada waktunya mbak Vhoy jadi cik gu bagi yang lain.

    BalasHapus
  3. Sebenarnya aku pnasaran kepanjangan mb hm nya itu siapa ya hihihi
    Suka kepin masakannya akuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalo soal nama itu tanya Haem aja ya Mbak Nita ^_^

      Hapus
  4. wah,udah lama temenannya ya, mba. :D

    BalasHapus
  5. aih saya baru tau kalo haem temannya vhoy :) dunia nyata dan dunia maya tetap berteman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak. Alhamdulillah ^_^

      Hapus
  6. seringkali tiap kali bw dan nemukan tulisan menarik, malah gak tau mau komen apa kecuali 'suka banget ini' tapi komen begitu aja malah dikira gak serius. Seperti tulisan ini, tadi cuma mau bilang 'suka banget ini' tapi ini kesannya dalem, meski ditulis biasa saja.
    Nggak cuma sekedar ngikut GA, ini seperti pengakuan yang dipendam. Saya jadi teracuni (bukan untuk ikut GA) tapi serius menulis dan berterimakasih pada tiap sahabat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak.
      Hayuuk segera nulis ttg sahabat2nya ^_^

      Hapus
  7. Senangnya bisa bersahabat sampai sekarang :)

    BalasHapus
  8. Dulu pertama mampir di blognya mbak ha em....tak kiro cowok mb yang punya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whahaha, karena terkesan maskulin ya Mbak?
      Haem emang suka pake kets, tapi bajunya muslimah banget, pakenya gamis ato rok. Piss Haem :V

      Hapus
  9. jadi pengen kenal trus dibikinin juga *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mbak kenalan sama orangnya ^_^

      Hapus
  10. aku follower sejati Haem hahahahah

    BalasHapus
  11. Wahh, teman SMA yah Mbak Vhoy :)
    persahabatan yang indah dan menginspirasi :)

    BalasHapus
  12. antara terharu dan....uhuk, keselek rek dadine hahahaha....
    lope yuuuupull^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inih tak kirimi dawet jabung ben mari keselek e xoxoxoxo

      Hapus
  13. Waaah serius temen SMA? SAya baru tau :D

    BalasHapus
  14. Wah persahabatannya awet ya Mbak? :)

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  15. ehh aku jg fansnya mba hm :D

    BalasHapus
  16. Iya foto2nya mbak HM emang keren2

    Wah suaminya asli ponorogo ya Mbak. Semoga suatu hari bisa kopdar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Yuuuk nanti kalo Haem mudik kita kopdaran :D

      Hapus
  17. Senangnya ya mbak, ada sahabat tempat menimba ilmu.

    BalasHapus
  18. hm zwan ya ? jadi pingin ngintip blognya. senang ya ada cikgu hm zwan namanya unik n catchy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mak. Silakan dikepoin blognya Haem :D

      Hapus
  19. Jadi ingat saya yang pernah ikut GA tapi gak tau cara pasang banner, otomatis ngerecokin yang tahulah, sampai sekarang juga masih saya todongin buat hal-hal kecil. And we are lucky to have them (si Jeng kalau baca ini harusnya klepek-klepek nih. haha)

    Terima kasih sudah berbagi cerita dan ikut GA ini ya Maksist^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha, ini juga kemarin pas pasang banner ini berkali2 ga berhasil. Udah copas HTML-nya, kok ga muncul. Akhirnya diutak atik bisa.

      Yess, we're so lucky to have very good mentors in blogging hihihi
      Bukan klepek2 lagi MakSist, melayang2 di udara hahahaha

      Hapus
  20. Insya Allah jadi bekal amal jariyah Mbak Haem :)
    Persahabatan kalian manis sekali. sahabat saya di dunia nyata belum ada tuh yang nanya ttg blog :(

    BalasHapus
  21. Waahh blognya unyu2 ini yaahh.. cantik ;)

    Ehyaa saya jg ngefans ma Cik Gu Haem loohh, dia itu konsisten banget ngeblognya, apalagi yg waktu 2013 apa 2014 itu yah yg tiap hari ada tema sendiri utk postingan blognya.. suka lihat foto2nya, masakannya jg, jd ngileerrr, heheheh..

    Moga persahabatannya langgeng selamanya yah Mbak.. salam kenal ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak. Dia emang keren. Beruntung punya shbt kayak dia.

      Aamiin, makasih Mbak ^_^

      Hapus
  22. oalaahh mbak HM itu temen aliyah mu toh mbak.. asik bgt ya masih srg kontak dan sesama blogger pula.. aku heran ini, semua temen2 sekolahku, temen kuliah, ga ada 1 pun yg punya blog.. alasan semuanya sama, ga suka ato ga bisa nulis. -__-.. kayaknya cuma aku 1-1 nya yg aktif ngeblog di antara semua temen2 sekolah dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Alhamdulillah. Ada teman buat berbagi -eh berguru maksudnya.
      Kalo dulu Haem blg sih, semua orang bisa nulis, apalagi yg S1 pasti pernah bikin skripsi. Artinya bisa nulis to. Gt kalo dia motivasi tmn2. Dan akhirnya aku nyantol hahaha

      Hapus