Google+ Followers

Senin, 06 Juli 2015

Momen yang Dikangeni dari Puasa di Kos


Saat kuliah di Jogja, saya kos di daerah Karangmalang. Salah satu kawasan padat penduduk  baik yang asli maupun pendatang. Setiap rumah hampir dipastikan punya kamar kos. Setiap hari selalu ramai. Terlebih saat bulan puasa seperti ini.

Makanya, sebagai mantan anak rantau, kadang saya suka kangen dengan suasana puasa di kos. Puasa di rantau memang beda, terutama di kalangan mahasiswa yang ngekos. Puasa rame-rame bareng teman. Melaksanakan tugas kuliah di sela-sela puasa.  

Nah, momen apa saja yang bikin kangen suasana puasa di kos?

1.    Saat sahur
Bedanya puasa di kos dan di rumah salah satunya pas sahur. Kalau di rumah, pasti masakan ibu yang disantap. Nah, saat di kos, makanan sahur harus beli. Biasanya saya dan teman saya bangun jam setengah 3 buat ngantri beli makan :D. Sebenarnya tidak jauh. Pas di depan kos ada warung murah meriah yang sudah buka dari jam 2 pagi. Tapi daripada ngantri lama, mending beli di awal. Meski makannya nanti menjelang imsak :D.

Meski sudah merasa bangun lebih awal, ternyata anak kos tempat lain juga sudah antri. Kebayang kan, dari setengah 3 pagi, dingin-dingin ngantri beli makan. Kalau bangun telat jam 3 pagi, alamat semakin mengular dan bisa kehabisan :(.    

2.    Saat buka puasa
Kalau saat sahur beli makanan lengkap (nasi + lauk), saat buka biasanya saya sama teman beli sayur sama lauk saja. Nasinya masak sendiri di rice cooker. Kebetulan salah satu sahabat saya bawa alat masak nasi itu.

Saat sore, pedagang makanan semakin banyak. Sepanjang jalan pedukuhan padat penduduk ini banyak ditemui segala jenis makanan. Mulai aneka takjil, kolak, rupa-rupa es, lauk pauk, dan macam-macam makanan berat. Semua ada, tinggal pilih menu mana suka. Semua harga anak kos. Dan jelang buka puasa, bisa dipastikan penduduk kos Karangmalang bertebaran mencari mangsa makanan buat buka puasa.  

3.    Taraweh
Masjid di Karangmalang seingat saya cuma satu. Di dekat Lembah UGM. Sekitar 100 m dari kos saya. Cukup dekat. Tapi berhubung lumayan padat penduduk, di awal-awal taraweh perlu sedikit perjuangan. Selesai ritual buka puasa harus segera bersiap ambil wudhu dan berangkat ke masjid bila sudah terdengar adzan. Kalau telat sedikit saja, alamat dapat tempat di jalan. Meski jalannya di-paving, tetap saja bila sujud bikin dahi tidak nyaman :D. Nah, bila sudah di pertengahan puasa, maka seperti masjid lainnya, jamaah jadi lebih maju alias berkurang hehehe! Bila seperti ini, bisa dapat tempat di dalam masjid.

Pernah pula saya taraweh di Masjid Kampus UGM. Salah satu yang mengesankan saat ada ceramah live Aa Gym di salah satu stasiun TV. Saat itu dai kondang asal Bandung ini memang lagi happening. Saya dan teman-teman kos harus buru-buru berangkat karena bisa dipastikan jamaah Maskam (sebutan Masjid Kampus UGM) membludak. Tetap saja, meski berangkat awal, dapat tempatnya di luar masjid. Alhamdulillah tetap happy karena bisa mendengarkan ceramah Aa Gym secara langsung :D.

4.    Mudik
Yess! Inilah momen yang paling ditunggu anak rantau. Saat liburan kuliah jelang lebaran tiba, artinya saatnya pulang kampung. Semua kos kosong ditinggal mudik. Ketemu keluarga dan berlebaran bersama di rumah. Tapi sebelum pulang harus beli oleh-oleh dulu buat yang di rumah. Dan nanti, saat balik kos, bawa oleh-oleh pula buat teman-teman kos.

Awal-awal kuliah, saya pulang pergi kampung-Jogja naik bis. Begitu tahu kereta lebih nyaman karena bebas bau solar dan asap, tahun berikutnya saya pindah naik kereta. Dan dari keempat momen ini, momen mudik lah yang paling saya kangeni. Terutama serunya mudik bareng teman-teman dan sensasi desak-desakan cari tempat duduk. Apalagi saat itu, pelayanan kereta belum sebagus sekarang. Pokoknya semua ngangenin ;). 

Itu tadi momen yang bikin saya kangen puasa di kos. Bagaimana dengan Sahabat?
 
post signature

53 komentar:

  1. aku seringkali teringat Momen makan sahur di kost-an.. Berdua sahur bareng sahabst dgn kondisi yg pas2an.. Kadangkala kami makan lauk abon krn itulah makanan yg praktis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg ngalami kondisi kayak gt Mak Rita, makan nasi plus mie sebungkus dibagi tiga. bakso semangkok bertiga. Tapi skrg jadi kenangan manis tak terlupakan ^_^

      Hapus
  2. saat kuliah justru aku ga begitu berkesan ama suasana puasa... krn aku tinggal jauh dr ortu dan daerah chinese town pula... g ada mesjid di skitar, semua tetangga non muslim, jd sama aja kyk hr2 yg lain... tp aku kgn momen puasa saat msh sd, smp dan smu...masih tinggal ama ortu, tarawih bareng walopun kdg2 bukannya tarawih, malah main ama temen ;p... ah, ga ada duanya itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak fanny kuliah di LN ya?
      Kalo jaman SD, puasa emang seru ya Mbak. Kalo taraweh bukannya ikutan sholat, malah cekikikan bareng temen di saf paling blkg. Kadang beli jajan di wrung sblh mushola. Habis itu dimarahi imamnya hihihi

      Hapus
  3. Karangmalang, seberangnya lembah itu kan mbak? Aku dulu sering maen ke situ juga mbak....maen tempat kost tmn, klo ada jadwal kuliah yang nanggung. Eh..masjidnya yang dkt FIS uny bukan? Ada batagor enak lho dkt situ....dulu sering numpang dhuhur...sekalian njajan. Btw, sekarang udah pangling ma seputaran kampus sendiri.....beda banget ma era dua ribuan awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg FIS itu Gang Guru Mbak. Masjid Karangmalang di ujung barat udah dkt lembah, di blkg bale dukuh. Tapi sejalur juga sama Gang Guru.
      Mbak Sulis dulu jg UNY to? Fak apa? Sy di FBS hehe

      Hapus
    2. Aku di ugm..tp tmn2 bnyk yang kost di karangmalang juga....

      Hapus
  4. Pernah ngerasain puasa di rantau, tapi yang dikangenin memang masakan Ibu. Duh, jadi inget Ibu....hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Ika. Kalo lg di rantau pasti kangen makanan rumah. Tapi kalo udah di rumah, kangen suasana di rantau. serba binun hehehe

      Hapus
  5. Pernah ngalamin sahur sambil ngekos, untungnya daerah kos dulu banyak warung nasi yang buka. Jadi ga terlalu repot mikirin makan apa. Cuma memang perjuangannya gimana caranya alarm sahur itu kedenger dan bisa bangunin kita. hehehe

    Ga bisa dipungkiri deh, emang sahur dimasakin mama itu "the best", kadang dibangunin pas makanan udah tersedia di meja makan. Sekarang udah emak2 ternyata begitulah seorang ibu, udah ada alarm tersendiri pas sahur. Kerasa sibuknya mama jaman dulu, tenyata melelahkan tapi menyenangkan.

    Salam hangat mak.
    Zia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salama kenal jg Mak :)

      Iya, kalo di rumah bangun2 tinggal santap aja menu sahurnya hihihi

      Hapus
  6. sama nih, mantan anak kos juga :D
    kalau sahur biasanya cuma mi doang :D

    BalasHapus
  7. Daerah Karangmalang ya, Mbak. Saya dulu kost di daerah Gaten, Condongcatur :) Yang jelas, saya suka nyari bukber di masjid, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Pak.
      Oh ya, saya tahu daerah itu Pak. Sy pernah maen ke sana.

      Hehehe, gpp pak. itung2 ngabisin takjil, daripada tersisa dan mubazir :D

      Hapus
  8. Aahhh dejavu nih. Jadi kangen masa2 perjuangan zaman ngekos jadi anak kuliah dulu. Dan saat berpuasa saat yang paling berkesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, selamat bernostalgia bin berdejavu ya Mak ^_^

      Hapus
  9. Yang aku kangenin yg ke4 mba...mudik dari jogja ke kampung halaman...dari sebelum puasa uda mantengin webnya KAI nyari tiket murah hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kuliah di Jogja juga to Mbak? Serasa punya temen seperjuangan xixixixi

      Hapus
  10. sayang nya aku engga kuliah hehehe mau buka, sahur, tetap ajah di rumah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp Mbak, ilmu bisa didapat di mana saja. Bukan cuma di bangku kuliah. Yg penting semangat cari ilmu ya ^_^

      Kalo buka dan sahur di rumah pasti lebih terjamin makannya. Kalo di kos, kadang bisa makn enak kadang cm mi hihihi

      Hapus
  11. Waaah....mebaca ini, jadi ingat masa-masa ngekost dulu. yang paling dinanti-nanti adalh mudik :D

    BalasHapus
  12. Ah jadi inget wkt jadi anak kost cuma sahur pake mi instan.... tp nikmattt mbak... btw, mbak vhoy kuliah dmn di yogya? Aku bbrp kali ke yogya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah jg sahur pake mi isntan aku Mak :D.

      Iya, di UNY tapi udah lulus Mak :)

      Hapus
  13. Karangmalang inget fotokopian murah langganan saat paper kuliah membanjir mak.
    www.1langitbiru.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karangmalang banyak fotokopian murah, terutama yg pas dpan pertigaan, ada gang kecil ke FBS di sebelahnya. Kosku deket situ Mak :D, blok D. Mak Dewi di mana?

      Hapus
  14. oalah...tetanggaku mbak. gang guru tuh dulu jg tpt mainku karena teman ada yg kos di situ. saya dulu kuliah di peternakan mbak, jadi ya dekat-dekat sama karangmalang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Diah rumah Jogjanya di mana?
      Iya, kalo peternakan belakang Karangmalang ya.

      Hapus
  15. Komentku ngilang, hihii

    Tambah satu lagi Vhoy, i'tikaf di masjid. Asiknya tuh berangkat bareng2 trus nyamperin teman di rumah kost mereka dan rombongan ke masjid. Jadi semangat ibadahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ngekost sy ga pernah i'tikaf di masjid Bunda (hihihi jadi malu akyuu :D), padahal masjidnya ga jauh. Banyakan cowok yg i'tikaf kayanya Bunda.

      Hapus
    2. Wah masjid di tembalang itu banyak putrinya juga, jadi kangen kalo mengingat kenangan itu. Belajar tilawah sampai capai karena enggak bener cara melagukannya, hihihi enggak bisa meniru lekukan dan napas juga kurang panjang.

      Hapus
    3. Hehehe, susah niru cengkoknya ya Bunda. Kalo sy ngajinya ndlujur aja, blm bisa gaya cengkok juga. Yg pnting panjang pendeknya bener hihihi

      Hapus
  16. sampai sekarang masih tetep makan ala anak kos Mak....hehehheheheh malas.com terlalu mendominasi soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, hidup ala anak kos memang asyyiikk Mak xixixixi! Asal jgn keterusan aja malesnya hihihi

      Hapus
  17. Hampir samalah sama pengalaman saya, tapi dulu waktu tugas di kabupaten dan nge-kos, disana gak ada yang jualan, alhasil menunya minyak-minyakan, beli nasi goreng sebungkus, buat makan setelah berbuka, setengahnya buat sahur..ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Itu pengiritan banget ya Mak Irly, beli sebungkus buat 2 kali makan :P

      Hapus
  18. sebagai mantan anak kos, saya jg paling merindukan mudik.:)

    BalasHapus
  19. hahaha, jadi inget saat jadi anak kos. Semua sempat dirasakan dan yang paling aku rasakan itu adalah gak sabar pengen mudik.

    BalasHapus
  20. mbak aku dulu juga kos di jogja lho, di Karang Bendo, deketan sih ya kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, aku malah ga tau Karangbendo sebelah mana Mbak. Sekitar UGM yak?

      Kosku belakang kampus UNY :D

      Hapus
  21. Ga pernah ngekos, Mba jadi ga bisa ngrasain kisah2 seru di atas. Kebayang deh serunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, tak ape Mbak. Tp merantau ke Jepang pasti nanti ada yg dikangeni kalo udah pulang dan menetap di Indonesia

      Hapus
  22. Saat kuliah dulu ngiri lho ama temen2 yang mudik, lha saya rumahnya cuma deket ga pake acara mudik. Pernah suatu kali ama temen yg sama2 dari Klaten, bawa dus kosong trus ikut desek2an naik kereta, hahaha..biar ngrasain mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha! Niat banget itu pastinya Mbak, pake bawa kerdus segala.

      Hapus
  23. Duh jadi kangen masa-masa waktu ngekost dulu. banyak cerita seru bareng teman2 sekost :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, jadi nostalgia ya Mak ^_^

      Hapus
  24. waktu ngekos dulu jarang sahur,paling mentok cuma makan sayur capjai,itupun kalo lagi inget hehehe.
    itu dahinya pernah kejedot bata paving nggak??xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku ga sahur ya lemes saaayyy xoxoxoxo! Itulah salah satu bedanya akyu dan kamyu :P
      Alhamdulillah si ga, kan kalo mau sujud ancang2 dulu biar posisi dahi aman hahahaha

      Hapus
  25. jadi kangen ngekos..kalau buka puasa bareng2 termasuk belanja lebaran bareng2 xiixi
    tapi dulu mbak...mba kosku meninggal pas puasa...:"( padahal dia lagi dijalan mau pulang kos...kita tungguin buka bareng :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, pasti sedih banget ya Mak, secara teman kos itu udah kayak sodara sendiri. Semoga beliau mendapat tempat terindah di sisi Allah, aamiin.

      Hapus