Senin, 04 April 2016

Terapi Gurah Mbah Yono


Dua hari yang lalu saya terkena batuk. Gegara kehujanan. Langsung flu. Imunitas saya memang kurang bagus. Gampang sekali kena flu. Entah karena hujan atau ketularan orang lain.

Batuk kali ini batuk berdahak tapi dahaknya nggak mau keluar. Jadinya, saya susah bernafas. Sesak. Sungguh sangat menyiksa. Selama dua hari itu saya minum teh dan jahe untuk meringankan batuknya. Tapi, sepertinya kali ini cukup bandel.

Ayah saya sudah mengajak ke dokter. Namun saya tolak. Bukan apa-apa. Saya orangnya susah minum obat. Seringnya, ketika diminumi obat malah muntah. Akhirnya obatnya nggak jadi tertelan.

Kemudian saya ingat, saat SMP dulu saya pernah melakukan gurah. Ceritanya, saat itu pengurus masjid di kampung saya mendatangkan qori’ kondang dari kampung sebelah. Beliau diminta mengajari remaja di masjid kami melantunkan ayat Al qur’an dengan lagu indah atau qiro’ah. Nah, sebelum latihan qiro’ah, kami digurah sama guru tersebut.

Awalnya saya juga nggak tahu apa itu gurah. Ternyata itu proses pengeluaran lendir dan kotoran dari paru-paru. Tujuannya supaya suara makin jernih, lantang, dan bagus.

Bukan hanya qori’ yang melakukan gurah. Profesi yang mengandalkan suara sebagai mata pencaharian utama semisal penyanyi dan pesinden juga kerap melakukan gurah.

Eits, jangan tanya keahlian saya berqiro’ah ria ya. Kenapa? Karena waktu itu saya ikut belajarnya cuma sebentar. Kalau tidak salah cuma dapat satu lagu saja. Habis itu nggak lanjut. Selain itu, saya nggak bakat, hihihi.

OK. Mari kita lanjutkan ceritanya.

Dari pengalaman gurah itu, saya berfikir dahak ini bisa juga dikeluarkan dengan cara digurah. Toh, yang dulu saya lakukan juga membersihkan daerah paru-paru. Untuk lebih meyakinkan diri, saya browsing soal gurah.

Dari beberapa artikel yang saya baca, semua menyatakan hal yang sama. Selain untuk menjernihkan suara, gurah juga bermanfaat untuk kesehatan. Terutama untuk mengatasi penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari yang ringan macam flu dan batuk. Hingga yang berat seperti asma dan TBC. Makin yakin saya melakukan terapi gurah.

Atas rekomendasi teman, saya diantar ayah saya ke tempat praktik Mbah Yono. Beliau adalah ahli gurah yang telah memiliki ijin praktik resmi di Ponorogo. Alamatnya gampang dicari. Yakni di tikungan Beduri, utara kantor Kejaksaan Negeri Ponorogo yang baru.
plang alamat Mbah Yono

Sebelum terapi gurah dimulai, Mbah Yono mengajukan beberapa pertanyaan ke saya. Yang pertama soal rokok. Apa ada di antara keluarga saya yang merokok. Ayah saya yang duduk di depan Mbah Yono langsung menjawab; iya Mbah. Dalam hati saya mesem. Soalnya ayah susah  sekali dibilangi untuk berhenti merokok.

Pertanyaan berikutnya: apa saya suka ngopi, batuknya bagaimana, nafasnya bagaimana, ada suara ngik ngik apa tidak, sering kesemutan apa tidak, dan sering pegal di bagian punggung atas apa tidak.

Sambil bertanya, Mbah Yono mencatat jawaban saya. Hampir semua saya jawab ‘iya’.  Mbah Yono juga menjelaskan, prosesnya nanti 1 jam. 

Setelah itu, proses gurah dimulai. Pertama-tama, saya diminta latihan dulu. Saya disuruh tengkurap di dipan yang telah disediakan. Kepala menyentuh bangku panjang yang dilapisi busa empuk. Saya latihan bernafas melalui mulut. Di bawah, sudah tersedia ember dan kantong plastik yang siap menampung cairan dari tubuh saya.

Begitu dilihat Mbah Yono saya mampu mengikuti instruksi beliau, saya disuruh telentang. Setelah Mbah Yono berdoa, hidung saya dimasukkan cairan gurah di kedua lubangnya. Ketika cairan tersebut dimasukkan saya harus tahan nafas selama 10 detik. Lalu saya diminta menelan seperti menelan air liur dan langsung balik badan tengkurap.

Saat cairan itu masuk, rasanya panas sekali. Kata Mbah Yono bakal berlangsung sepuluh menit saja. Setelah itu akan mereda.

Begitu saya tengkurap, segera cairan keluar dari hidung dan mulut saya. Panas. Lumayan banyak lendir yang keluar dari mulut dan hidung saya. Makin lama, rasa panas tadi makin berkurang.

Selama cairan keluar, Mbah Yono terus memberi instruksi supaya saya rileks agak proses detoksifikasi berlangsung lancar. Beliau juga tak berhenti berzikir dan sesekali mengecek kondisi saya. Di tengah proses situ pula, ada sekitar 3 kali saya disuruh batuk dengan keras. Juga

Tak terasa satu jam berlalu. Mbah Yono menyuruh saya bangun dan membersihkan sisa cairan dengan tisu. Setelah itu saya disuruh memiringkan kepala ke kanan dan kiri. Sebagai penutup proses gurah, saya kembali disuruh batuk 3 kali.

Sebelum pulang, Mbah Yono memberi tahu saya bahwa ramuan gurah bekerja sehari semalam. Jadi nanti di rumah, kotoran dan lendir masih akan keluar baik lewat batuk, keringat, maupun air seni.

Setelah gurah juga ada beberapa pantangan supaya hasil gurah optimal. Terutama dari makanan dan minuman. Tidak boleh makan yang pedas dan panas, juga gorengan. Minuman dingin juga harus dihindari. Kalau untuk aktifitas, tidak ada larangan apapun.

Alhamdulillah, badan saya terasa enteng. Ngik-ngik yang sebelumnya mengganggu reda. Tapi badan masih lemas karena selama dua hari saya nggak nafsu makan. Paling tidak, sesak nafas sudah tidak menghantui tidur saya. 

Oh ya, untuk terapi gurah di Mbah Yono  tidak ada tarif khusus. Cukup bayar seikhlasnya.  Kalau kemarin saya amplopi lima puluh ribu rupiah. Untuk di sini, insyaAllah sudah pantas. Tapi mungkin beda untuk daerah lain.

Ada yang pernah gurah kayak saya?

-------------------------------
Ahli Gurah Mbah Yono
Jl. MT Haryono141 
Beduri, Ponorogo

post signature

49 komentar:

  1. saya belum pernah melakukan gurah karena disini gak ada yang buka praktek gurah Mbak Vhoy..
    rasanya enakan yah setelah digurah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ira. Alhamdulillah enakan dan jadi enteng

      Hapus
  2. Aku belum. Takuttt... Biasanya klo batuk ngunyah kencur...ntar dahak keluar barengan batuk. Biasanya abis gurah...suara makin cakep ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah pengen lagi Mbak hehehe! Iya Mbak, kalo buat penyanyi dll makin bagus. Tapi kalo buatku itu bonus aja.
      Yang penting dahaknya keluar hehe
      Pernah sih ngunyah kencur, tapi rasanya ga enak hehehe

      Hapus
  3. Oh begitu to proses gurah, aku belum pernah soalnya. Kemarin sempat kena batuk hebat, lama sembuhnya meski minum obat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak. Aku juga mikirnya jalo obat mesti lama dan harus minum beberapa hari. Kalo gurah efek manfaatnya lebih cepet kerasa.

      Hapus
  4. Penasaran sama gurah siy mba, tapi slalu takuuuut buat nyobain sendiri :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum pernah mungkin takut Mak. tapi kalo duah nyoba sekali insyaAllah ga takut lagi hehehe! Ini sy pengen lagi nanti hehe

      Hapus
  5. Penasaran sama gurah siy mba, tapi slalu takuuuut buat nyobain sendiri :(.

    BalasHapus
  6. Pengen nyoba ngegurah suami nih. Soalnya doi perokok berat. Tp blom apa2 kyknya udah ditolak mentah-mentah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ayah sy sebaliknya Mak. Gegar nganter sy pengen gurah juga. Soale perokok berat juga. Tapi belum sempet.

      Hapus
  7. Pengen banget gurah dari dulu, tapi ga pernah dibolehin sama orang tua, katanya takut aku ga kuat. Dan ngekiat prosesnya di atas kayaknya emang ngeri juga ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah kalo udah dijalani ga ngeri kok Mak. Sebelum digurah juga latihan dulu supaya nanti prosesnya lancar. ga usah khawatir pokoknya hehehe

      Hapus
  8. Pengen gurah karena saya selalu berdahak di pagi hari.. Tapi apa gurah juga bisa mengobati alergi dingin? Tapi saya takut juga siih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku alergi dingin juga Mak. Tiap subuh bersin2 ampe lama. InsyaAllah bisa ^_^

      Hapus
  9. Balasan
    1. Awal2nya sakit Mak, tapi lama-kelamaan berkurang kok sakitnya ^_^

      Hapus
  10. pengen tahu gurah itu apa sejak dulu. baru tahu sekarang detilnya dari tulisan ini. kalau saya, berani engak ya..Tapi di sini enggak ada tukang gurah...

    BalasHapus
  11. Agak serem ya Mak kayanya.. Tapi beneran ampuh ya Mak? Sekali gurah berapa biayanya Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serem2 sedep sih Mak hehehe! Alahmdulillah aku berkurang drastis batuknya. Klo di sini seikhlasny aja Mak ^_^

      Hapus
  12. kagak berani mbak. dulu pernah pakai obat tetes mata yang herbal itu (gurah mata kali ya), itu aja puanasnya masya Alloh. konon bisa ngurangi minus di mata. tapi entahlah ya, mungkin harus rutin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Diah, itu gurah mata. Aku juga pernah. Tapi gurah mata jauh lebh panas dr gurah hidung ini. DUlu sekali gurah mata duh nangis terus hehehe! Kalo gurah ini aku tahan, ngeluarin air mata sih tapi bukan nangis. Efek cairan keluar, air mata juga ikut keluar.

      Hapus
  13. Wah belum pernaaahhh... takuutttt... katanya sakit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit di awal aja Manda. Lama2 ga sakit kok hehehe

      Hapus
  14. Resiko ga doyan obat ya harus dengan pengobatan alternatif ya Mbak.

    Kalau saya kayaknyaa ga berani gurah :)

    BalasHapus
  15. Dari dulu penasaran dengan proses gurah itu, ternyata gitu ya, ada rasa panas, trus disuruh batuk.
    Oh ya jadi ingat Waktu ngaji dulu, ritualnya agak serem menurutku, tiap jumat mata saya dan teman2 yg masih kecil dikasi perasan campuran jahe +jeruk dll supaya matanya terang kata guru ngajinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, itu gurah mata. Tapi gurah hidung ga sepedih gurah mata. Mungkin karena struktur organnya beda ya Mak.

      Hapus
  16. Kalau untuk anak kecil boleh mba digurah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Mbak, usia 7 tahun kata Mbah Yono kmrn. Yg penting anaknya bisa mengikuti instruksi dan diajak kerjasama

      Hapus
  17. Wah kayanya saya belum pernah nih tapi takutnya saya gak kuat, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah kuat Mbak, yg penting kan dapet sehatnya hehehe

      Hapus
  18. aku dulu pernah pas kuliah,gara2 sering banget umbelen (wkwkwkwk...bosone lo ra nguati),akhirnya gurah...rasanya kemlecer,umbel tok seng metu..sak ember hahahaha..tapi habis itu enak ya,lega rasanya..meskipun beberapa hari suara bindeng tapi lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waakksss! Umbelen, cah cilik banget iki hihihihi
      He'eh, abis keluar, legaaa

      Hapus
  19. Saya belum pernah gurah, mbak! Takut juga he..he..Pernah tau, gurah mata. Tapi itu juga saya gak berani, karena kata adik saya, rasanya perih.

    BalasHapus
  20. Klo pengobatan alternatif gitu memang biasane tarifnya seiklasnya ya mb vhoy...tp jadi bingung bayarnya berapa xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Nita hehehe! Kalo kayak gitu menyesuaikan yg umum aja di daerah itu.

      Hapus
  21. aku belum pernah nyobain gurah sih mbak, belum berani nyoba juga. tp penasaran gurah itu kayak apa sih?baca tulisannya mbak vhoy jd tahu

    BalasHapus
  22. Aku sering dengar tentang gurah, tapi seram bayanginnya. Tapi ternyata manjur ya udah gak batuk lagi :)

    BalasHapus
  23. belum pernah di gurah..tapi udah kebayang seram aja.. tapi manjur ya mba..

    BalasHapus
  24. wah sepertinya suami sy hrs digurah juga nih,beliau pya asma trus ditenggorokan kaya berdahak gitu,tpi ga batuk sih mba..

    BalasHapus
  25. Baca artikel ini jd mantap pengen gurah. Sering batuk2. Pilek nggk tahu waktu. Rasanya kyak di dalam tu banyak dahak yang tersimpan. Hidung sering mampet tenggorokan sering gatal. Jd suka berdehem. Susah diem. Semoga lancar.

    BalasHapus
  26. sesak nafas gitu apa jg bisa digurah yo mbak..

    BalasHapus
  27. ass,kalo sekarang masih gurah gk mbah itu ,saya mau gurah spertinya hidung saya da penuh lendir2 nya☺☺☺☺

    BalasHapus
  28. Tiga hari lalu saya gurah.. Sampai saat ini hidung masih ada sedokit lendir yg sekali kali keluar.. Yang membuat saya galau
    .kok saya tidak bisa mencium aroma apapun.. Saya sangat galau dan sedih hari ini. Tidak ada satu baupun yang bisa saya rasakan.. Apakah ada yang mngalami seperti saya..bagi pengalamannya.. Biar melegakan saya

    BalasHapus